Sabet Juara 2 Pekan Menulis 2022, Mahasiswa UNPAR Paparkan Pentingnya Profesi Akuntan Hijau

UNPAR.AC.ID, Bandung – Profesi akuntan hijau mungkin saat ini masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, melalui lomba menulis esai yang diselenggarakan Bastra ID bersama NGO Coaction Indonesia, mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Jessica Abigail Haryadi memaparkan pentingnya profesi akuntan hijau.

Esai berjudul “Peran Akuntan Hijau Melalui Akuntansi Karbon dalam Menangani Isu Perubahan Iklim”, mengantarkan mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi UNPAR itu meraih Juara 2 dalam Pekan Menulis Populer Profesi Hijau Indonesia 2022. Dalam esainya, Jessica menuturkan bahwa belum banyak institusi pendidikan maupun literatur yang menyediakan kesempatan untuk mempelajari akuntansi hijau.

Dalam lomba esai bertema “Profesi Hijau (Green Jobs) di Masa Perubahan Iklim”, Jessica dalam tulisannya menjelaskan bahwa akuntan hijau menjadi salah satu profesi yang berperan signifikan dalam penanganan perubahan iklim. Menurut dia, akuntan hijau layaknya seorang kurir yang mengantarkan informasi tentang isu-isu keberlanjutan ke meja diskusi strategis, baik di ranah korporat maupun birokrat.

Sekadar informasi, Pekan Menulis Populer Profesi Hijau Indonesia 2022 menjadi ajang bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk menulis esai. Lomba tersebut telah berlangsung pada 25 Maret – 17 April 2022 lalu dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas.

Seluruh rangkaian acara pun dilakukan secara daring. Lomba ini dimulai dengan penulisan esai dengan tema “Profesi Hijau (Green Jobs) di Masa Perubahan Iklim” yang didaftarkan dan dikumpulkan pada tanggal 7 April 2022. Judul esai dari Jessica adalah “Peran Akuntan Hijau Melalui Akuntansi Karbon dalam Menangani Isu Perubahan Iklim”. Selanjutnya kompetisi memasuki penjurian tahap 1.

Pada tanggal 13 April 2022,  panitia mengumumkan 20 finalis esai terbaik. Esai karya Jessica menjadi salah satu dari 20 finalis esai terbaik dan lolos ke penjurian tahap 2. Keesokan harinya sebelum penjurian tahap 2, panitia mengadakan dua sesi kelas kepenulisan dan jurnalistik yang dibawakan oleh para juri. Para juri juga kemudian memberikan komentar atas esai dan rekomendasi revisi, terkait konten dan unsur kepenulisan. Jessica merevisi esai sesuai saran juri.

Selanjutnya, panitia mengarahkan 20 finalis esai terbaik untuk mengunggah karyanya yang telah direvisi di laman kompasiana. Karya Jessica dapat dibaca melalui tautan berikut ini Peran Akuntan Hijau Melalui Akuntansi Karbon dalam Menangani Isu Perubahan Iklim Halaman all – Kompasiana.com.

Puncak acara Pekan Menulis Populer Profesi Hijau Indonesia dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2022. Panitia mengumumkan pemenang dari lomba menulis esai dan Jessica berhasil mendapatkan Juara 2 dalam lomba tersebut. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)