Home / Berita Terkini / Redaksi Warta Himahi Raih Penghargaan “The 5th ISPRIMA 2016”

Redaksi Warta Himahi Raih Penghargaan “The 5th ISPRIMA 2016”

Warta Himahi (WH)─dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HMPSIHI Unpar)─merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang media dan jurnalisme. Adapun program kerja unggulan dari WH meliputi penerbitan WH Edisi, Media in Course, dan Parahyangan Media and Diplomacy Festival.

Di kalangan dosen maupun mahasiswa Unpar, WH begitu melekat dengan inovasi dan ide program kreatif di antaranya WH Talks, WH Session, dan ‘Ngetik Keroyokan’ yang diadopsi dari Komunitas Fellowship of Netra Community (FENCY) .

Calvin Budianto, selaku Pemimpin Redaksi WH Periode 2015/2016, mengatakan bahwa segenap redaksi ingin membawa WH sebagai organisasi berprestasi yang dapat berkontribusi aktif bagi HMPSIHI, Prodi Ilmu Hubungan Internasional, dan Unpar.

Dengan alasan tersebut, WH mencoba unjuk gigi melalui kompetisi pers mahasiswa yang diselenggarakan Serikat Pengusaha Pers (SPS) Indonesia.

Adapun SPS merupakan organisasi bagi para penerbit perusahaan pers, tentunya tidak sebatas media cetak tetapi juga terbuka bagi media non-cetak. Di dalam kepengurusan, SPS periode 2015-2019 kembali dipimpin oleh Dahlan Iskan sebagai Ketua Umum, Rikard Bagun sebagai Wakil Ketua Umum, dan Basril Djabbar sebagai Ketua Dewan Pertimbangan SPS Pusat; sementara di jajaran Pengurus Harian dipimpin oleh Ahmad Djauhar sebagai Ketua Harian SPS.

Tahun ini, kompetisi dibagi ke dalam empat kategori yakni Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA), Indonesia Print Media Awards (IPMA), dan Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA).

Dari keempat kategori, WH mengikuti seleksi “The 5th ISPRIMA 2016”─ajang penghargaan bagi halaman muka pers mahasiswa di seluruh Indonesia. Kriteria penilaian kompetisi meliputi kesesuaian antara halaman muka dengan tema dan isi, photojournalism, komposisi, serta branding.

“Menurut saya, WH Edisi merupakan majalah yang cukup kuat dalam keempat poin penilaian. Kami selalu menggunakan foto dengan aspek photojournalism yang baik, keterkaitan antara foto dengan tema dan isi yang mudah dimengerti, serta komposisi halaman muka yang baik meskipun dengan ukuran media A5, cukup sulit untuk mendesain halaman muka di medium terbatas.” terang Calvin antusias.

Pada Selasa (9/2) lalu, Calvin menghadiri Malam Penghargaan “Kreativitas dan Inovasi Tanpa Batas” yang diselenggarakan di Hotel Golden Palace, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Melalui penilaian juri, WH Edisi “Gastrodiplomacy” yang terbit pada bulan November 2015 lalu dinyatakan laik untuk meraih penghargaan Bronze Winner pada kategori The Best of Java Magazine.

Seluruh civitas academica Unpar mengucapkan selamat atas prestasi yang diukir oleh Redaksi WH.

Stay SMART, ACTIVE, and TALKATIVE!