Home / Berita Terkini / PSM Unpar Terima Kunjungan Studi Banding BUSC

PSM Unpar Terima Kunjungan Studi Banding BUSC

Pada Sabtu (3/2) lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (PSM Unpar) menerima kunjungan dari Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya (Brawijaya University Student Choir atau BUSC). Kunjungan ini merupakan bagian dari Studi Banding BUSC ke tiga kelompok paduan suara mahasiswa di kota Bandung.

Sebanyak 50 orang perwakilan pengurus dan anggota BUSC disambut oleh pengurus PSM Unpar di Operation Room, Gedung Rektorat Unpar. Adapun PSM Unpar dipilih sebagai salah satu tujuan studi banding dikarenakan berbagai prestasi yang telah diraih, khususnya di tingkat internasional belakangan ini. Kegiatan studi banding di Unpar berlangsung dalam suasana yang hangat dan penuh kekeluargaan.

Kegiatan studi banding diisi dengan perkenalan pengurus dan presentasi dari masing-masing paduan suara, khususnya berkaitan dengan struktur organisasi, program kerja, dan kegiatan latihan. Presentasi ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Selain itu, setiap paduan suara juga memberikan penampilan masing-masing, dan ditutup dengan pertukaran kenang-kenangan dari pengurus kedua paduan suara tersebut.

Wakil Ketua bidang Eksternal PSM Unpar, Malvin Vilio, menjelaskan bahwa kunjungan studi banding bagi BUSC adalah untuk mengetahui tantangan paduan suara mahasiswa, khususnya yang berada di Bandung, serta untuk mempelajari organisasi kepengurusan dan program kerjanya. “Kalau dari kita sendiri, kita ingin sharing juga,” ujarnya, menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi sarana belajar bagi PSM Unpar yang mendapatkan ilmu dari pengalaman paduan suara mahasiswa lain.

Kegiatan studi banding ini membawa kesan tersendiri bagi anggota BUSC, seperti yang dikemukakan oleh Malvin, “Mereka takjub banget.” Salah satu yang membuat mereka kagum, lanjutnya, adalah kualitas dari penampilan PSM Unpar yang memukau meski dalam waktu latihan yang singkat, juga penerimaan yang baik selama kegiatan berlangsung.

Malvin sendiri berharap melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, akan tumbuh rasa bangga dalam diri anggota dan pengurus dengan paduan suara di kampus sendiri. Selain itu, ajang bertukar ilmu dan pengalaman dengan paduan suara dari universitas lain akan membantu para anggota  belajar, khususnya bagaimana menghadapi kekurangan dan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh PSM Unpar.