Home / Berita Terkini / PSM Menghormati Warisan dengan Konser Parahyangan Heritage

PSM Menghormati Warisan dengan Konser Parahyangan Heritage

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UNPAR kembali menggelar konser tahunannya pada Kamis (3/9). Bertempat di Gedung Pascasarjana UNPAR, konser PSM ini diberi tajuk Parahyangan Heritage.

Jumlah lagu yang dibawakan sebanyak 13 lagu yang terbagi ke dalam 2 sesi. Sesi 1 merupakan karya-karya dari komposer alumni PSM UNPAR, sedangkan sesi 2 berisi karya-karya dari abad 20-21 dari berbagai komposer internasional.

Menurut Karen Laurentia(HI 2012), selaku ketua konser, ia melihat lagu-lagu karya alumni sebagai warisan. “Warisan Parahyangan, warisan dari alumni, warisan mereka untuk PSM,” katanya saat ditemui seusai konser.

Adapun komposer alumni Unpar antara lain adalah Dody Soetanto, Reza Reginaldo, Ega O. Azarya, Daniel Alexander, Satriya Krisna, Rainier Revireino, dan Ivan Yohan.

Arti kata “warisan” tidak terbatas pada pemilihan  lagu saja. Ivan Yohan, yang diberi kehormatan sebagai konduktor dinilai sesuai dengan tema konser, mengingat latar belakangnya sebagai alumni Unpar . “Siapa lagi yang paling pantas kalau bukan Ivan Yohan,” ucap Karen. Ivan sendiri sebelumnya pernah memimpin PSM meraih penghargaan di Arezzo, Italia, pada tahun 2013 dan di Spittal, Austria, pada 2014. “Untuk kualitas, sudah tidak perlu dipertanyakan lagi,” tegasnya.

Untuk konser kali ini, PSM bernyanyi secara akapela, tanpa diiringi oleh alat musik apapun. “Sebenarnya kami cukup sering membawakan lagu secara akapela, tapi untuk 1 konser full akepela, memang sangat jarang,” jelas Karen

Para penonton terlihat sangat puas dengan penampilan PSM malam itu. Terbukti dengan tepuk tangan yang membahana dan hadirnya 2 lagu tambahan yang tidak ada pada daftar lagu, Slow Scat and Two Moves dan Joshua Fought The Battle of Jericho. “Konsernya bagus, lagunya variatif, ga cuma klasik tapi ada karya kontemporer juga,” ujar Puspa Emiliana, 54, salah satu penonton yang hadir pada malam hari itu.

Selain di Bandung, PSM juga akan menggelar konser dengan tajuk yang sama di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta, hari Minggu (6/9).

ZICO SITORUS

Sumber: Media Parahyangan – “PSM Menghormati Warisan dengan Konser Parahyangan Heritage”