Profesor Asep Warlan dalam Bingkai Kenangan UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali diselimuti kabar duka. Salah seorang Guru Besar Fakultas Hukum (FH) UNPAR Prof. Dr. H. Asep Warlan Yusuf, S.H., M.H. telah berpulang pada Selasa (15/3/2022) lalu di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung.

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D., menuturkan bahwa kehadiran Prof. Asep sangat nyata dalam kontribusinya menyelesaikan persoalan di UNPAR. 

“Semua bisa diselesaikan. tidak saja dengan keakraban yang sangat kental, tetapi juga saya ingin menggarisbawahi kejernihan berpikir, kecerdasan berpikir, sekaligus profesionalitas beliau sebagai seorang guru besar ilmu hukum,” tutur Rektor dalam acara mengenang berpulangnya Prof. Asep Warlan Yusuf di Ruang Multiguna Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR pada Kamis (17/3/2022).

Prof. Asep merupakan seorang Guru Besar dalam bidang hukum Tata Negara dan Lingkungan Hidup FH UNPAR. Selain itu, mendiang juga tercatat aktif dalam beberapa posisi penting baik dalam pendidikan sebagai pengajar sampai terlibat pada tim ahli dalam bidang hukum di pemerintahan.

Dalam dedikasinya pada UNPAR, beliau juga tercatat pernah berkontribusi sebagai anggota Komisi penelitian dalam Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNPAR di tahun 2006.

Rektor mengatakan, logika, sistematika struktur berpikir yang sangat tertata dari mendiang, menggiring orang untuk dapat sampai pada pemahaman dan kesimpulan serta solusi.

“Ini satu hal yang luar biasa yang tidak saja mencerminkan kecendekiawanan, intelektualitas, dan kegurubesarannya, tetapi juga sekaligus dengan cara penyampaian yang sederhana, hangat, bersahabat,” kenang Rektor.

Rektor juga menyampaikan kepada seluruh keluarga UNPAR untuk dapat mewarisi keteladanan intelektualitas mendiang.

“Keteladanan kecendekiaan beliau, keteladanan kemanusiaan beliau yang sangat bersahabat, dan yang tidak kalah juga adalah kecintaan beliau terhadap Unpar,” ujar Rektor.

Sementara itu, Dekan FH UNPAR Dr. iur. Liona Nanang Supriatna, S.H., M.Hum juga mengatakan jika integritas tinggi sebagai pendidik yang dimiliki Prof. Asep, menjadi kunci perbuatan dan tindakan dalam mengantarkan generasi kedepan.

“Tidak hanya bagi mahasiswa Fakultas Hukum Unpar melainkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia,” katanya.

Tidak hanya itu, dalam acara tersebut juga turut hadir keluarga Prof. Asep Warlan Yusuf dalam mengenang riwayat mendiang, pemutaran video pendek sebagai penghormatan terakhir, pemberian penghargaan terhadap dedikasi yang telah dilakukan, dan ditutup oleh pembacaan doa oleh Prof. Bambang Suryoatmono, Ph.D. (RBF-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Mar 18, 2022

X