Home / Berita Terkini / Prodi Fisika Unpar Gelar Workshop “Incredible Physics 2019”
Siswa-siswi SMA didampingi oleh Janto V. Sulungbudi bereksperimen dengan Micropython dalam INDY 2019 pada Rabu (10/7)

Prodi Fisika Unpar Gelar Workshop “Incredible Physics 2019”

Pada tanggal 10 – 11 Juli 2019, Program Studi Fisika Universitas Katolik Parahyangan (Prodi Fisika Unpar) menggelar sebuah workshop fisika yang bertajuk Incredible Physics 2019 (INDY 2019). Dilaksanakan selama dua hari, peserta workshop fisika tersebut terdiri dari 24 pelajar tingkat SMA dari berbagai SMA di Bandung dan luar kota Bandung.

Materi yang dibawakan didesain menarik dan menyenangkan agar para siswa SMA dapat termotivasi dan dapat memahami topik-topik yang disampaikan. “Materi yang dibawakan spesial, materi yang tidak mereka terima di SMA. Menggali lebih dalam dari sisi fisika itu sendiri, baik itu dari bidang teori, maupun dari bidang eksperimen,” tutur Risti Suryantari, M.Sc, dosen Prodi Fisika Unpar. Adapun materi yang disampaikan dalam workshop adalah Internet of Things, Teori relativitas Einstein, Lubang Hitam, Gelombang Gravitasi, dan Machine Learning dalam Fisika.

Fiona dan Jocelyn, salah satu peserta INDY 2019, memilih mengikuti workshop ini karena ingin mempelajari hal-hal baru yang belum pernah diajarkan selama mereka duduk di bangku SMA, dan juga untuk menambah skill untuk masa mendatang. Karena materi yang dibawa cukup santai dan menyenangkan, Fiona dan Jocelyn juga merasa workshop yang diikutinya sangatlah menarik, “Seru, yang ngajarnya interaktif, nggak dibawa serius, jadi kita enjoy sambil belajar,” tutur Fiona, siswi kelas XII SMA. St. Aloysius Bandung.

”Salah satu pelajaran yang didapat adalah bisa ngehubungin program di komputer jadi alat-alat yang berguna yang terhubung dengan internet,” tutur Jocelyn saat ditanyakan pelajaran berkesan apa yang didapat dari workshop yang diikutinya.

INDY 2019 dirancang agar para siswa SMA dapat lebih dalam mempelajari topi-topik menarik tersebut bersama dengan para pakar di bidangnya. Adapun narasumber dalam INDY 2019 adalah Reinard Primulando, Ph. D (Machine Learning in Physics and Gravitational Waves), Haryanto M. Siahaan, Ph. D (Einstein’s General Relativity and Black Hole), dan Drs. Janto V. Sulungbudi (Instrumentation with the Internet of Things).

“Harapannya, agar (para siswa) lebih mengenal fisika lebih dalam lagi. Jadi tidak hanya sekedar rumus, tidak sekedar yang terbatas yang mereka pelajari di SMP maupun SMA. Harapannya mereka bisa mengenal lebih dalam bahwa fisika itu sangat luas dan itu sangat indah dan menyenangkan dengan berbagai pendekatan yang tidak hanya dari buku atau rumus,” harap Risti.