Prodi Doktor Arsitektur UNPAR Raih Akreditasi Baik Sekali BAN PT

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Doktor Ilmu Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan meraih akreditasi Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi tersebut berlaku sejak 11 April 2023 sampai dengan 29 Maret 2025.

Peringkat tersebut diterbitkan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Eksekutif BAN-PT No. 1341/SK/BAN-PT/Ak. KP/D/IV/2023 yang ditandatangani oleh Prof. Ari Purbayanto, Ph.D. 

“Menyatakan bahwa Program Studi Ilmu Arsitektur pada Program Doktor Universitas Katolik Parahyangan, Kota Bandung memenuhi syarat peringkat Akreditasi Baik Sekali,” demikian tertulis dalam SK yang ditetapkan di Jakarta pada 11 April 2023 itu.

Sebagaimana diketahui, pemberian peringkat sesuai dengan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi Untuk Akreditasi yang Dilakukan oleh BAN-PT. Hasil akreditasi yang dikeluarkan adalah Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Sebelumnya, akreditasi BAN-PT dilakukan dengan peringkat A, B, dan C. 

UNPAR yang sudah terakreditasi Unggul memiliki 7 Fakultas dengan 33 Program Studi. Dari jumlah tersebut, 13 Prodi di jenjang Sarjana (S1) pun telah terakreditasi Unggul, yaitu:

  1. Hubungan Internasional
  2. Ekonomi Pembangunan
  3. Administrasi Bisnis
  4. Fisika
  5. Manajemen
  6. Hukum
  7. Administrasi Publik
  8. Arsitektur
  9. Matematika
  10. Teknik Industri
  11. Teknik Kimia
  12. Filsafat
  13. Teknik Sipil

Sementara, prodi lainnya berstatus A, Baik Sekali, dan satu prodi baru belum terakreditasi, yaitu:

  1. Akuntansi (A)
  2. Informatika (Baik Sekali)
  3. Teknik Elektro (Baik Sekali)
  4. Program Studi Humanitas (-)

Sementara di jenjang S2:

  1. Teknik Sipil (Unggul)
  2. Arsitektur (A)
  3. Manajemen (Baik Sekali)
  4. Hukum (Baik Sekali)
  5. Teknik Industri (Baik Sekali)
  6. Teknik Kimia (Baik Sekali)
  7. Ilmu Sosial (B)
  8. Filsafat Keilahian (B)
  9. Administrasi Bisnis (B)
  10. Hubungan Internasional (B)

Di jenjang S3:

  1. Teknik Sipil (Baik Sekali)
  2. Hukum (Baik Sekali)
  3. Arsitektur (Baik Sekali)
  4. Ekonomi (B)

Selanjutnya, Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) UNPAR terakreditasi Baik. Peringkat itu diraih untuk pertama kalinya sejak PS-PPI UNPAR berdiri pada September 2020. Sementara D-III Prodi Manajemen Perusahaan UNPAR terakreditasi Baik Sekali.

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. beberapa waktu lalu mengatakan, UNPAR diharapkan menjadi Perguruan Tinggi pilihan bagi para calon mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi. Baik pada jenjang Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, maupun Profesi.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu UNPAR Prof. Dr. J. Dharma Lesmono, S.Si., S.E., M.T., M.Sc., pun menuturkan bahwa akreditasi  yang diperoleh UNPAR juga Prodi memuat konsekuensi bahwa UNPAR harus terus berbenah meningkatkan mutu dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Apr 12, 2023

X