Praktisi Bagikan Cara Professional Branding untuk Tonjolkan Value Diri di Job Market

UNPAR.AC.ID, Bandung – Proses rekrutmen dalam dunia bekerja tentu telah berubah ketika bertemu dengan teknologi. Perkembangan teknologi yang terus berinovasi digabung dengan kompetitifnya job market telah membuat rekruter lebih menaruh fokusnya pada skill-based hiring. Dibandingkan fokus pada pengalaman, kini mereka lebih fokus pada keterampilan atau skill yang dimiliki oleh kandidat. Maka dari itu, para jobseeker dapat memanfaatkan berbagai tools yang dapat menonjolkan skill yang dimiliki seperti portofolio, Curriculum Vitae (CV), dan lain-lain. 

Hal tersebut dikemukakan oleh Rachel U. Tristan, B.A  selaku Content & Social Media Specialist dari CakeResume dalam webinar bertajuk “Showcasing Your Full Potential in the Modern Job Market through Professional Branding” pada Rabu (1/3/2022). Webinar yang diselenggarakan secara virtual tersebut merupakan rangkaian dari Webinar Week Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Virtual Job yang dimulai pada tanggal 27 Februari hingga 3 Maret 2023 mendatang. Kegiatan pembekalan rutin ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai pengetahuan seputar dunia kerja sesungguhnya yang tidak didapatkan mahasiswa di bangku kuliah. 

CakeResume sendiri merupakan platform yang bergerak dalam bidang Human Resources untuk professionals dan job seekers. Dalam platform ini, pengguna dapat membuat CV online dengan berbagai template profesional yang dapat dikustomisasi secara bebas. Tak hanya itu, platform ini juga bisa digunakan untuk publikasi portofolio online dan bahkan melamar pekerjaan. 

Lebih lanjut, Steffie Mayrelin, B.B.A, selaku Content Marketing Specialist CakeResume menuturkan bahwa CV sendiri merupakan kesempatan pertama dan mungkin juga kesempatan terakhir dalam melamar kerja. Maka dari itu, penting untuk memberikan kesan yang baik kepada Human Resource Development (HRD) hanya dengan melalui CV. Ia pun menuturkan bahwa CV yang benar dapat 

“Penting banget untuk kita bisa bisa menunjukkan skill, personality, potensi, dan pengalaman-pengalaman kita sedemikian rupa supaya ketika CV ini mendarat di tangan HRD, mereka bisa melihat potensi yang ada di diri teman-teman,” ucap Steffie. 

Menurut dia, CV yang benar dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing dan perusahaan yang dituju. Namun, penting juga untuk kita memastikan bahwa format CV yang dibuat sudah Applicant Tracking System (ATS) Friendly atau dapat melalui tahap ATS Screening. Merespons hal tersebut, Rachel menyebutkan beberapa cara untuk memastikan bahwa CV yang dibuat sudah ATS Friendly, antara lain: memakai CV Builder yang sudah ATS Friendly; menyimpan CV dalam format PDF atau docx; memiliki keyword yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

“Di zaman sekarang, sudah banyak HRD perusahaan menggunakan suatu sistem yang namanya ATS untuk menyaring CV kandidat pada awal proses rekrutmen,” ujarnya.

Sementara itu, Rachel mengupas tuntas bagian-bagian CV yang terbagi menjadi Header dan Body. Header sendiri memiliki 6 informasi penting yang harus dicantumkan seperti nama, titel jabatan/posisi, deskripsi diri, foto profesional, lokasi, dan informasi kontak. Ia justru tidak menyarankan untuk memasukkan data seperti jenis kelamin, ras/agama, nomor KTP, tempat tanggal lahir, dan alamat rumah lengkap.

“Untuk menghindari diri kita sebagai pelamar kerja kena diskriminasi, sebaiknya informasi jenis kelamin dan ras/agama tidak usah kita masukkan ke dalam CV,” tuturnya. 

Bagian Body umumnya berisi informasi yang dicari oleh rekuter dan umumnya mencakup 3 poin penting yakni education (nama sekolah/institusi pendidikan, gelar, IPK, prestasi yang pernah dicapai, proyek/kegiatan yang pernah diikuti, penghargaan yang pernah di dapat, dan lain-lain), experience, dan juga skills.

Di sisi lain, Steffie menyatakan bahwa Cover Letter juga merupakan salah satu dokumen krusial yang dapat membantu meningkatkan kesempatan untuk diterima kerja. Cover Letter sendiri serupa dengan surat pengantar kepada HRD yang bisa dikirimkan melalui email ataupun job portal

“Pakai kesempatan ini untuk bisa menjelaskan skill dan pengalaman kalian ini align ke pekerjaan yang dilamar. Kalian juga bisa menunjukkan antusiasme kalian dan motivasi kenapa kalian ingin diterima melalui Cover Letter,” tuturnya. 

Ia pun mengungkap isi Cover Letter yang baik untuk dikirimkan, antara lain:

  • Alasan mengapa Anda merupakan kandidat yang terbaik untuk pekerjaannya dibandingkan kandidat lain : jelaskan skill, past achievement, tujuan, dan juga motivasi secara rinci. Cukup pilih salah satu skill yang paling menonjol agar tetap menarik. 
  • Alasan Anda ingin bergabung dan bekerja untuk perusahaan : Lakukan riset mengenai perusahaan yang dituju meliputi bisnis model, produk yang ditawarkan, budaya perusahaan, dan lain-lain.

Rachel juga mengungkap bahwa seringkali rekruter melakukan background check. Maka dari itu, penting untuk melakukan Professional Branding yang baik untuk menjaga image/representasi diri di Internet. Berikut beberapa tips untuk membangun Professional Branding yang baik: 

  • Memiliki CV online yang terbaru dan baik. 
  • Melakukan networking dengan orang lain yang berasal dari berbagai industri ataupun posisi. 
  • Memperbaharui portofolio ataupun tonggak pencapaian secara berkala.

Sekedar informasi, Webinar UNPAR Virtual Job Fair diselenggarakan oleh Divisi Pengembangan Talenta dan Karier dari Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Karier (LPPK) UNPAR. Melalui kegiatan ini, diharapkan para perusahaan/instansi/lembaga dapat melakukan promosi dan presentasi mengenai profil serta sekaligus melaksanakan rekrutmen yang efektif dan efisien agar mendapatkan sumber daya manusia sesuai kualifikasi yang diharapkan dan lulusan UNPAR pun tersalurkan ke dunia kerja. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat dilihat pada laman bit.ly/INFOWVJF (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prodi Sarjana Matematika UNPAR Raih Akreditasi Unggul dari LAMSAMA

Prodi Sarjana Matematika UNPAR Raih Akreditasi Unggul dari LAMSAMA

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Sarjana Matematika Universitas Katolik Parahyangan berhasil memperoleh status akreditasi “Unggul” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA). Keputusan yang berlaku sejak 5 Juni 2024 hingga 4 Juni 2023 itu...

UNPAR Teken MoU Bersama Pemkab Penajam Paser Utara

UNPAR Teken MoU Bersama Pemkab Penajam Paser Utara

UNPAR.AC.ID,Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bersama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU) resmi menjalin kerja sama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Senin (9/6/2025), di Ruang Rapat Gedung Rektorat UNPAR. ...

UNPAR Buka Jalur Rapor Gelombang 5 untuk Mahasiswa Baru 2025

UNPAR Buka Jalur Rapor Gelombang 5 untuk Mahasiswa Baru 2025

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali membuka Jalur Rapor Gelombang 5 hingga 6 Juli 2025, yang dirancang khusus untuk menghargai prestasi akademik selama menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Mar 2, 2023

X