Home / Alumni / PPK Unpar Fasilitasi Pembekalan Karir Mahasiswa

PPK Unpar Fasilitasi Pembekalan Karir Mahasiswa

Untuk dapat memperoleh pengalaman laiknya dunia kerja nyata, mahasiswa tidak perlu menunggu lulus kuliah. Ada banyak ragam kegiatan termasuk program-program persiapan bagi mahasiswa seperti magang, kuliah kerja nyata (KKN), kerja part-time, bahkan hingga peluang untuk membuka bisnis start-up.

Pusat Pengembangan Karir Universitas Katolik Parahyangan (PPK Unpar) memfasilitasi kegiatan pembekalan karir bagi mahasiswa agar mereka lebih siap dalam memasuki dunia profesi. Bahkan, memulainya sebelum lulus menjadi sangat mungkin.

“Kadang-kadang masuk ke dunia kerja tidak harus menunggu lulus. Hal-hal tersebut mereka (bisa) dapatkan dari sebelumnya,” ungkap Nastiti Anggarini W, S.Psi Kepala Bagian Karir PPK Unpar yang ditemui Tim Publikasi Unpar (19/03/2019).

Pembekalan bagi mahasiswa

Melalui sejumlah kegiatan, PPK Unpar memberikan pembekalan bagi mahasiswa Unpar untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya Job Preparation Class, Career Workshop Plus, Psikotes dan Konseling Karir, Campus Recruitment/ Hiring, dan Unpar Career Expo and Seminar.

Job Preparation Class merupakan kegiatan persiapan untuk memasuki dunia kerja yang disesuaikan dengan berbagai macam tema persiapan memasuki dunia kerja. Kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiswa semester 6 ke atas.

Career Workshop Plus (CWP) merupakan kegiatan pembekalan bagi mahasiswa Unpar tingkat akhir. Anggi, begitu Nastiti akrab disapa, mengatakan kegiatan CWP mengajak mahasiswa untuk berdinamika mulai dari proses seleksi kerja hingga saat masuk ke dunia kerja. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam di luar kampus Unpar.

“Disebut ‘plus’ itu karena ada dinamika di dalamnya. Hari pertama berbicara tentang mempersiapkan diri, ke-2 proses bekerja seperti apa, ke-3 kalo udah di dunia kerja apa yang mereka perhatikan,” jelasnya.

Kegiatan rutin lainnya yakni Companies Go to Unpar (CGU) yang diperuntukkan untuk para lulusan baru Unpar. Pada CGU lalu (4-15 Maret 2019), terdapat 9 perusahaan yang berpartisipasi; 8 perusahaan mengadakan perekrutan langsung sedangkan 1 perusahaan mengadakan coaching clinic workshop tentang branding. Peserta yang hadir berasal dari dalam maupun luar Unpar.

“CGU itu termasuk program pembekalan PPK. Salah satunya lewat CGU. Kegiatan penyaluran. Sasaran utama CGU ini untuk para wisudawan Unpar, lulusan terbaru Unpar,” Anggi menambahkan.

Bagi mahasiswa yang ingin terus mengeksplorasi dirinya (kepribadian, minat, dan kemampuan), dapat mengambil layanan psikotes dan konseling karir yang disediakan PPK Unpar. Diharapkan, mahasiswa dapat menemukan jenis pekerjaan apa yang cocok baginya melalui konseling karir.

Unpar Career Expo and Seminar

Unpar Career Expo and Seminar yang disingkat UCES merupakan rangkaian seminar, career expo, dan rekrutmen yang diikuti oleh para instansi baik perusahaan maupun lembaga, dalam satu kesatuan yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa juga alumni Unpar, serta alumni dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya.

UCES memberikan para alumni/mahasiswa pembekalan untuk menjadi pribadi yang siap terjun dalam dunia kerja melalui seminar, juga memberikan kesempatna untuk menemukan karir yang tepat melalui career expo dan menyalirkan para alumni/mahasiswa dalam dunia kerja melalui proses rekrutmen yang diadakan.

Melalui sejumlah program pembekalan yang diadakan, Anggi berharap, PPK dapat terus memfasilitasi dan membantu mahasiswa untuk bisa berkarir dan bekerja sesuai dengan minat dan potensi mereka.

“Harapannya mereka bisa melihat lebih luas. Banyak masukan yang akan mereka dapatkan (dan mereka) akan lebih siap,” pungkas Anggi.

Adapun sejumlah kegiatan PPK  Unpar yang akan diadakan dalam waktu dekat diantaranya Campus Recrutment PT Sinarmas pada 26 Maret, CWP pada 29-31 Maret 2019, Job Preparation pada 9 April, dan pada 16 April mendatang Campus Recruitment Time International.
Referensi lainnya: cdc.unpar.ac.id