Home / Alumni / Persiapan Karir bagi Calon Lulusan

Persiapan Karir bagi Calon Lulusan

Universitas menjadi sebuah sarana dan wadah yang dapat mempersiapkan mahasiswanya untuk siap melangkah ke dunia kerja. Setelah menyelesaikan jenjang kuliah, mahasiswa dihadapkan kepada pilihan-pilihan hidup selanjutnya. Baik itu bekerja di suatu perusahaan atau mungkin membangun usaha bisnisnya sendiri.

Bekerja tentu saja bukanlah suatu hal yang mudah. Dunia kerja pasti penuh dengan tantangan yang berbeda dari tantangan semasa kuliah. Seperti misalnya harus menyesuaikan diri dengan situasi kantor dan suasana rekan kerja yang baru dan berbeda. Apalagi ditambah dengan budaya perkantoran yang bisa jauh berbeda dengan apa yang dirasakan di lingkungan kampus biasanya.

Namun, tidak sedikit juga mahasiswa yang sudah mulai mencoba memasuki dunia pekerjaan dengan membuka usaha atau bisnis kecil sendiri. Atau juga ada yang sudah mulai mencoba bekerja melalui program magang saat masih menduduki bangku kuliah. Pengalaman pekerjaan merupakan poin tambahan yang dapat menjadi aset penting saat akan memasuki dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Hal lainnya yang harus dipersiapkan sebelum memasuki dunia pekerjaan adalah kesiapan mental untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan baru.

Di era globalisasi dan perkembangan teknologi, kita lebih dipermudah untuk dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita. Namun di sisi lain, hal tersebut dapat memperketat persaingan dalam dunia kerja. Dengan perkembangan teknologi yang ada, banyak dari para lulusan muda yang mencoba untuk memulai membentuk usahanya sendiri. Istilahnya kini dikenal dengan bisnis startup, yaitu sebuah istilah yang mulai dikenal pada masa perkembangan internet. Meskipun bisnis startup merupakan bisnis yang baru berkembang, bisnis ini identik dengan bisnis di bidang teknologi, web, atau internet.

Generasi milenial didorong untuk menjadi lebih kreatif dalam menghadapi tantangan tersebut. Ditambah lagi dengan pengguna internet yang semakin naik dari tahun ke tahunnya, tentu saja hal tersebut menjadi tantangan yang harus dihadapi lulusan baru.

Pusat Pengembangan Karir

Untuk mendukung keberhasilan mahasiswa dalam mencapai karir impiannya, Pusat Pengembangan Karir Universitas Katolik Parahyangan (PPK Unpar ) membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang dunia pekerjaan. Selain membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan keahlian aplikatif, PPK Unpar turut memfasilitasi lulusan Unpar yang memiliki minat untuk melanjutkan studi melalui kerja sama dengan berbagai perusahaan/instansi/lembaga. (dikutip dari artikel laman Unpar “Pusat Pengembangan Karir Unpar).

CGU dan CWP

Companies Go to Unpar yang disingkat CGU telah diadakan pada 4-15 Maret lalu. CGU termasuk ke dalam salah satu program pembekalan PPK Unpar. Kegiatan rutin PPK Unpar ini utamanya diperuntukkan untuk para lulusan baru Unpar. Pada CGU lalu, terdapat 9 perusahaan yang berpartisipasi; 8 perusahaan mengadakan perekrutan langsung sedangkan 1 perusahaan mengadakan coaching clinic workshop tentang branding. Adapun peserta yang hadir berasal dari dalam maupun luar Unpar.

Berbeda dengan CGU, CWP (Career Workshop Plus) lebih berfokus pada pembekalan bagi mahasiswa Unpar tingkat akhir. Peserta diberikan pengetahuan tentang persiapan diri untuk memasuki dunia kerja, gambaran mengenai proses bekerja, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan di dunia kerja. Pemateri dalam kegiatan CWP terdiri dari sejumlah dosen Unpar, alumni Unpar hingga praktisi dari beragam perusahaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi cerita dan pengalaman seputar lingkungan profesi.

Adapun sejumlah kegiatan PPK yang akan diadakan dalam waktu dekat diantaranya Campus Recrutment PT Sinarmas pada 26 Maret, CWP pada 29-31 Maret 2019, Job Preparation pada 9 April, dan pada 16 April mendatang Campus Recruitment Time International.