Peringati Hari Bumi dan Hari Kartini, UNPAR Ajak Kolaborasi Antar Unit

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) serta Biro Umum dan Teknik (BUT) berkolaborasi mengadakan acara Mother Earth Day 2022 dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April 2022 dan Hari Bumi 22 April 2022 lalu. 

Kepala BKA UNPAR Saptono PW mengatakan, dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Kamis (28/4/2022), acara Mother Earth Day 2022 yang diinisiasi oleh kedua unit tersebut diharapkan dapat menambah hal positif dan semangat berkolaborasi antar unit kerja.

“Kegiatan ini diperuntukan bagi semua unit kerja yang ada di UNPAR mulai dari Biro, Kantor, Lembaga, dan Fakultas,” tuturnya.

Beberapa unit yang antusias mengikuti acara ini di antaranya, Fakultas Teknologi dan Industri (FTI), Fakultas Ekonomi, Biro Teknologi Informasi (BTI), Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI), BKA, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Lembaga Pengembangan Institusi dan Inovasi (LPII), dan Perpustakaan UNPAR.

Dalam acara Mother Earth Day 2022 tersebut, ada empat perlombaan yang bisa diikuti, yaitu Lomba Gambar, Lomba Media Sosial via Instagram, Lomba Jumat Bersih, dan Lomba Busana Terbaik. 

“Perlombaan ini dipilih untuk melihat kekompakan, ketepatan, dan kerja sama yang harapannya dapat menumbuhkan kreativitas, melestarikan budaya serta meningkatkan kesadaran Unparian sebagai sobat Bumi dan Kartini di masa kini,” ucapnya.

Lomba menggambar dimenangkan oleh LPPM sebagai juara pertama, FTI meraih peringkat kedua, dan di posisi terakhir dimenangkan oleh tim Perpustakaan UNPAR. Sementara lomba media sosial terbaik dimenangkan oleh LPII UNPAR. 

“Hasil lomba menggambar harus memiliki makna yang bertujuan menyerukan kampanye. Mengajak orang lain menyelamatkan Bumi dan mengambil bagian sebagai Kartini di masa kini,” tuturnya.

Sementara lomba Jumat Bersih dan Busana Terbaik digelar di hari kedua event. Semua peserta menggunakan atribut kedaerahan atau pakaian daerah. Sementara dalam lomba Jumat Bersih mengajak para peserta untuk memungut sampah di sekitar kampus UNPAR.

Lomba Jumat Bersih dimenangkan oleh LPII sebagai juara pertama, FTI juara kedua dan Perpustakaan sebagai juara ketiga. Lomba busana terbaik pria dimenangkan oleh perwakilan BPMI sebagai orang Madura dan terbaik wanita berbusana dari Nusa Tenggara dimenangkan oleh perwakilan dari Perpustakaan. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)