Pentingnya Membangun Budaya Organisasi Bagi Transformasi Berkelanjutan

UNPAR.AC.ID, Bandung – setiap individu memiliki peran penting dalam menciptakan perubahan positif di lingkungan mereka. Hal tersebut mengemuka dalam talkshow yang disampaikan  Head of Human Resource and General Manager di PT So Good Food Agung Wahyu Wibowo, di Auditorium PPAG UNPAR, Selasa (9/1/2024) lalu.

Hal tersebut diungkapkan alumni Teknik Industri UNPAR itu dalam acara pelantikan pejabat struktural UNPAR. Dengan pengalaman yang luas sebagai praktisi di bidang sumber daya manusia, Agung memberikan wawasan dan motivasi kepada hadirin, khususnya bagi mereka yang baru saja dilantik.

Talkshow dari Agung dimulai dengan mengajak semua hadirin untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri dan kepada kemungkinan masa depan. Pesannya, tidak hanya menginspirasi tetapi juga membuka pikiran tentang pentingnya mengenali dan mengembangkan potensi diri.

“Mari kita luangkan waktu sejenak untuk dapat mengapresiasi kekuatan dalam diri kita,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, Agung mengingatkan pentingnya perubahan dan bagaimana setiap orang dapat berkontribusi pada perubahan tersebut. Ia menekankan, “perubahan itu untuk apa dan untuk siapa” Menurutnya, perubahan tidak hanya tentang strategi atau rencana, tetapi lebih pada bagaimana individu dapat beradaptasi dan berkembang dalam perubahan tersebut.

Ia juga berbagi pengalaman pribadinya, bagaimana dari seorang alumni UNPAR, kini berdiri sebagai seorang praktisi sukses. 

“Saya bukan orang yang paling cemerlang di angkatan saya, tetapi hari ini saya bisa duduk di depan Anda semua,” kata Agung, menunjukkan bahwa prestasi tidak hanya diukur dari kecemerlangan akademik, melainkan juga dari upaya dan dedikasi.

Dalam bagian interaktif, Agung menantang audiens untuk merenungkan peran mereka dalam perubahan. Hal ini merupakan sebuah ajakan untuk semua pejabat struktural UNPAR untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ada.

“Apa itu yang akan kita jalankan bersama itu akan kita bedah bersama,” ucapnya. 

Lebih dari itu, dia juga menekankan pentingnya komunikasi dan pemahaman dalam sebuah organisasi. Menurut dia, penting menunjukkan empati dan kebersamaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis.

“Kita harus bisa berkomunikasi dengan baik, mengenal dan menghargai perasaan rekan kerja kita,” ujarnya, 

Ia pun mengajak seluruh pemangku jabatan maupun komunitas akademik UNPAR untuk mengambil bagian dalam perubahan dan inovasi di UNPAR. setiap individu memiliki peran penting dalam menciptakan perubahan positif di lingkungan mereka.

“Kita semua adalah bagian dari perubahan ini. Mari kita berkembang bersama untuk UNPAR yang lebih hebat dan lebih kuat,” tuturnya. (NAT-Humas UNPAR)

Berita Terkini

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jan 11, 2024

X