Home / Berita Terkini / Pengabdian Program Magister Ilmu Sosial (MIS) di Desa Arjasari

Pengabdian Program Magister Ilmu Sosial (MIS) di Desa Arjasari

Program Magister Ilmu Sosial (MIS), Pascasarjana UNPAR melakukan program pengabdian kepada masyarakat di Desa Arjasari Kabupaten Bandung. Program ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) antara UNPAR dengan Yayasan Wadah Titian Harapan, yang telah ditandatangani pada tahun 2014. Desa Arjasari merupakan salah satu komunitas yang dibina oleh Yayasan Wadah Titian Harapan melalui program-program pengembangan masyarakat yang terkait dengan bidang pendidikan, pengembangan kebudayaan, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Pendampingan telah dilakukan selama bulan April-Agustus 2015, dan masih terus berlanjut. Kegiatan pendampingan tersebut disesuaikan dengan karakteristik masyarakat yang mengandalkan sektor pertanian. Program melibatkan dosen-dosen dan mahasiswa, termasuk mahasiswa asing yang mengikuti program Kemitraan Negara Berkembang (KNB). Para dosen yang terlibat antara lain Dr. Gandhi Pawitan (Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)), Dr. Nia Juliawati (Pengelolaan Keuangan), Dr. Sukawarsini Djelantik (Pemanfaatan Teknologi Komunikasi) dan Dr. Judi Retty Witono (Teknologi Kimia untuk Pangan dan Non-pangan).

Salah seorang mahasiwa KNB asal Congo Brazzaville, Dirami Nsadi, mengaku telah belajar banyak dari kegiatan ini. Dirami bahkan berencana untuk menyelenggarakan dan mengembangkan program serupa ketika sudah kembali ke negaranya. Mahasiswa asal Maluku, Olivia Rumalutur, juga menyatakan hal serupa dengan mengembangkan program pendampingan sejenis.

Tidak dipungkiri bahwa program pengabdian ini tidak saja bermanfaat bagi masyakarat binaan secara langsung, melainkan sebagai ajang pembelajaran dan memperoleh pengalaman bagi para mahasiswa MIS.