Home / Berita Terkini / Pengabdian Masyarakat HMPSEP: “Keluarga Sehat, Investasi Masyarakat”

Pengabdian Masyarakat HMPSEP: “Keluarga Sehat, Investasi Masyarakat”

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) memiliki sesanti, yakni Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti yang mempunyai makna “Berdasarkan Ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat”. Mahasiswa Unpar senantiasa berupaya untuk belajar dan mengembangkan ilmu yang sudah didapat untuk diabdikan kepada masyarakat.

Salah satu realisasinya melalui program kerja (proker) Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan (HMPSEP) Unpar. Pada Sabtu (10/11) lalu, Divisi Eksternal dari HMPSEP mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat ke SDN 5 Cikidang, Lembang. Sasaran pada kegiatan kali ini bukanlah siswa sekolah dasar (SD), tetapi para orang tua murid.

Sebelumnya, kegiatan pengabdian masyarakat ini menjadi satu bagian dengan proker HMPSEP lainnya, yaitu SD Binaan. “Selain untuk menambah proker baru, kami juga ingin lebih memenuhi sesanti Unpar dan mengabdi langsung kepada masyarakat. Sasaran SD Binaan cuma lebih ke anak kecil, tapi sasaran pengabdian masyarakat lebih ke orang dewasa atau ke orang tua muridnya,” jelas Elenna Yolanda ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat 2018.

Sejumlah agenda acara yang dilakukan bersama para orang tua murid diantaranya senam bersama, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan, games, pembagian sembako dan presentasi tentang hubungan dari kesehatan dengan ekonomi.

“Kalau kita sehat berarti bisa meningkatkan produktivitas. Kalau sakit ngeluarin biaya banyak, tapi kalau sehat bisa meningkatkan produktivitas dan gaakan ngeluarin biaya lebih, jadi uangnya lebih baik ditabung daripada dipakai ke rumah sakit,” tutur Elenna menjelaskan tentang ‘Keluarga Sehat Investasi Masyarakat’ yang diangkat sebagai tema dari proker ini. Dengan ditujukan kepada orang tua, diharapkan dapat memberikan bekal pendidikan secara langsung akan hidup sehat sejak dini kepada putra-putrinya.

Kegiatan perdana dari Pengabdian Masyarakat ini disambut antusias oleh 80 peserta kegiatan yang merupakan orang tua dari murid-murid di SDN 5 Cikidang. “Pengennya saat kami ke sana lagi tahun depan, kami bisa melihat kehidupan di sana sudah berkembang, dan para orang tua bisa mengaplikasikannya langsung, ga sebatas hanya dengerin penjelasan kita saja, tapi bisa ngelakuin ilmu yang sudah kita kasih ke mereka,” ungkap Elenna.