Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa NUNI Dibuka, Rasakan Pengalaman Kuliah di UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) membuka peluang bagi mahasiswa yang terdaftar dalam perguruan tinggi jejaring Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) untuk berkuliah secara luring selama 1 semester di UNPAR. Para mahasiswa dapat mendaftarkan diri hingga 10 Februari 2023 melalui laman NUNI di https://nuni.mobi/merdeka-belajar/university/unpar/.

Melansir laman NUNI, Kamis (2/2/2023), NUNI kembali membuka peluang bagi para mahasiswa untuk bergabung dalam Program Merdeka Belajar NUNI (PMBN) Semester Genap Tahun 2022/2023. Program ini akan dijalankan selama 1 semester di 13 universitas anggota NUNI yang menjadi penyelenggara.

PMBN merupakan inisiasi NUNI melalui anggotanya untuk mengimplementasikan arahan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengenai kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dari berbagai universitas negeri dan swasta di berbagai daerah untuk dapat mengenyam pendidikan di universitas mitra.

Melalui pertukaran mahasiswa jejaring NUNI ini, diharapkan mahasiswa di universitas mitra mendapatkan pengalaman akademis yang baru. Juga mengalami interaksi dengan mahasiswa lainnya dari universitas di dalam konsorsium NUNI.

“Melalui PMBN, keunggulan program studi dan semangat kebersamaan menjadi sangat penting untuk dapat menunjukkan esensi dari program ini. Terlebih lagi untuk memberikan nilai yang berharga bagi generasi muda Indonesia dalam mengembangkan wawasan, nasionalisme, serta calon-calon pemimpin yang unggul di masa depan,” demikian dijelaskan di laman NUNI.

Dengan mengandalkan sistem pembelajaran mumpuni yang didukung tenaga pengajar yang ahli di bidangnya. UNPAR menyediakan mata kuliah pilihan bagi para mahasiswa universitas mitra di banyak program studi yang ada di UNPAR. 

Berikut jadwal penting terkait pendaftaran PMBN NUNI UNPAR:

  1. Pendaftaran melalui email mbkm@unpar.ac.id (10 Februari 2023)
  2. Pengumuman dan briefing mahasiswa NUNI (13 Februari 2023)
  3. FRS khusus mahasiswa NUNI (14-15 Februari 2023)
  4. Pengumuman kelas perkuliahan (17 Februari 2023)
  5. Mulai perkuliahan (20 Februari 2023)

Ringkasnya, adapun alur pendaftarannya yaitu:

  1. Mempelajari informasi

Mahasiswa mempelajari informasi tentang Universitas tujuan, Fakultas, Prodi, MK dan Kalendar Akademik – deadline pendaftaran dan jadwal hasil seleksi. Silakan mengunjungi laman masing-masing universitas yang ada di website ini untuk melihat informasi lebih lengkap.

  1. Persetujuan ketua program studi

Mahasiswa mendiskusikan Mata Kuliah yang akan dipilih dan mendapat persetujuan dari Ketua Program Studi universitas asal. Berikut link Form Persetujuan Kaprodi

  1. Mengisi formulir pendaftaran online

Mahasiswa mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan secara lengkap dan benar. Mohon untuk memperhatikan Batas Waktu Pendaftaran dari masing-masing universitas tujuan. Berikut link Form Pendaftaran, Info MK & Kouta Mahasiswa, dan Daftar Email Universitas.

  1. Hasil seleksi

PIC Satuan Tugas mengirimkan email ke mahasiswa yang bersangkutan (diterima/ditolak). Mahasiswa dapat melihat Hasil Seleksi melalui Website NUNI.

  1. Pemilihan jadwal kuliah

Bagi mahasiswa yang diterima diminta untuk memberikan konfirmasi partisipasi dalam program ini dengan menentukan jadwal perkuliahan*. *catatan: jika dalam 3 hari kerja mahasiswa yang bersangkutan tidak menanggapi, maka mahasiswa tersebut dianggap gugur.

  1. Komitmen terhadap program

Mahasiswa diwajibkan mengikuti Program Merdeka Belajar NUNI dengan komitmen tinggi dan bertanggungjawab. Mahasiswa akan diminta memberikan testimoni terhadap Program Kampus Merdeka NUNI dan menginformasikan program ini kepada mahasiswa di kampusnya. (JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR Gelar Pelepasan Bagi 12 Tenaga Kependidikan Purnabakti

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengadakan acara pelepasan bagi 12 tenaga kependidikan (tendik) purnabakti, pada Rabu (15/5/2024) di Operation Room Gedung Rektorat. Pelepasan purnabakti tersebut diadakan UNPAR sebagai bentuk penghargaan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Feb 2, 2023

X