Pemkab Garut Jalin Kerja Sama dengan UNPAR, Dorong Peningkatan Sumberdaya ASN

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, Senin (29/8/2022) lalu. Dalam pertemuan tersebut, dibahas pula rencana Pemkab Garut untuk mengirimkan para aparatur sipil negara (ASN) guna menempuh pendidikan Sarjana dan Pascasarjana di UNPAR sebagai bentuk peningkatan profesionalitas sumberdaya ASN.

Penandatanganan MoU dilakukan secara langsung oleh Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. dan Bupati Garut H. Rudi Gunawan, S.H., M.H., MP. Dalam hal ini, kedua belah pihak menyepakati kerja sama dalam peningkatan Tridarma Perguruan Tinggi.

Dalam konteks Tridarma tersebut, selain rencana Pemkab Garut mengirimkan ASN-nya untuk menempuh pendidikan di UNPAR, UNPAR pun akan secara kontinu menyelenggarakan berbagai macam aktivitas riset dan pengabdian masyarakat di lingkungan Kabupaten Garut sebagaimana yang sudah berjalan selama kurang lebih 20 tahun belakangan ini. 

Dari pihak UNPAR, penandatanganan MoU ini turut disaksikan di antaranya oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dr. Pius Sugeng Prasetyo, M.Si.; Kepala Pusat Studi Pembangunan Manusia dan Keadilan Sosial Kristian Widya Wicaksono, Ph.D.; Kepala Laboratorium Administrasi Publik Susana Ani Berliyanti, M.Si.; dan Peneliti Senior Pusat Studi Pembangunan Manusia dan Keadilan Sosial Hubertus Hasan Ismail, M.Si.

Sementara dari Pemkab Garut hadir pula Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Hj. Diah Kurniasari Rudi Gunawan, Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Garut; Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumberdaya Mineral Ridwan Effendi dan jajaran.

Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D. menyatakan bahwa UNPAR telah berkiprah selama kurang lebih 20 tahun di Kabupaten Garut melalui berbagai kegiatan seperti Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Pendampingan Pemerintah Desa dalam penyusunan RPJMDes, APBDes, Pengelolaan Keuangan Desa, Pendampingan BUMDes, Pemberdayaan Masyarakat bersama mitra Astra, dan berbagai kegiatan yang lain. 

“Penandatanganan MoU ini diharapkan menjadi dasar legalitas untuk pengembangan kegiatan riset dan pengabdian yang lebih komprehensif sehingga bermanfaat bagi pembangunan daerah dan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Garut,” tutur Rektor sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis dari Kantor Internasional dan Kerjasama (KIK) UNPAR, Rabu (31/8/2022).

Sementara itu, Bupati Garut H. Rudi Gunawan, S.H., M.H., MP. mengatakan bahwa pihaknya berharap kerja sama yang terjalin ini dapat membawa dampak yang positif bagi masyarakat di Kabupaten Garut. Menurutnya, UNPAR merupakan perguruan tinggi swasta berkualitas di Jawa Barat yang reputasinya sudah tidak perlu diragukan lagi. 

“UNPAR telah banyak mewarnai pembangunan di Garut melalui berbagai kegiatan riset dan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan selama ini. Ke depannya kami berharap akan lebih banyak lagi aktivitas riset dan pengabdian masyarakat yang dilakukan UNPAR di Kabupaten Garut. Juga berkeinginan untuk mengirimkan ASN di lingkungan Pemkab Garut untuk mengenyam pendidikan Sarjana dan Pascasarjana di UNPAR guna peningkatan profesionalitas mereka dalam melaksanakan tanggung jawab pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Garut,” ujarnya. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Aug 31, 2022

X