Home / Berita Terkini / Pembentukan Ikatan Alumni Magister Ilmu Sosial (IKA-MIS)

Pembentukan Ikatan Alumni Magister Ilmu Sosial (IKA-MIS)

Minggu, 16 Desember 2018, diadakan pertemuan dalam rangka pembentukan Ikatan Alumni program studi Magister Ilmu Sosial (MIS). Hadir dalam reuni tersebut alumni dari berbagai angkatan, yang telah tersebar di berbagai provinsi di Indonesia dan luar negeri,  serta bekerja di berbagai bidang, seperti peneliti, dosen, pegawai pemerintah, perusahaan multinasional, maupun usaha perseorangan.

Program studi MIS dibuka pada 17 April 2000, dengan 3 konsentrasi yaitu Ilmu Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, dan Hubungan Internasional. Mulai tahun 2006, ketika pemerintah memperkenalkan program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB), Unpar menjadi salah satu dari 15 universitas  penerima mahasiswa untuk program Magister dan Doktor.

Sebagai penerima mahasiswa KNB, alumni MIS saat ini tersebar di berbagai kawasan seperti Asia Tenggara (Laos, Kamboja, Vietnam, Filipina, Myanmar, Timor-Leste), Asia Tengah (Uzbekistan), Afrika ( Madagaskar, Nigeria, Congo-Brazzaville,  Kenya, Uganda, dan Eropa (Serbia). Keberadaan para mahasiswa KNB telah menjadikan warna tersendiri bagi program studi baik bagi para dosen dan mahasiswa lokal yang memperoleh pengalaman belajar dan berinteraksi di dalam lingkungan multi budaya, multi bahasa dan multi nasional. Seperti diakui oleh Anvar Gavoruv, alumni asal Uzbekistan, yang merasakan suasana akademik dan kekeluargaan yang sangat kental ketika belajar di Prodi MIS-Unpar.

Alumni asal Serbia, Milica Vucovic, juga memiliki kesan yang sangat mendalam dan hubungan persahabatan yang erat dengan alumni lainnya. Semua pengalaman itu sangat membantunya dalam beradaptasi termasuk dalam pekerjaan saat ini sebagai Development Advisor untuk salah satu perusahaan multinasional asal Indonesia. Dalam tugas yang sekarang, Milica Vocovic bertanggungjawab untuk pengembangan bisnis untuk kawasan Eropa Tengah.              

Hadir pada reuni tersebut Dr. Sukawarsini Djelantik, yang menjadi Kepala Prodi selama tahun 2010-2014, dan Dr. Gandhi Pawitan (Kaprodi 2014-sekarang). Selain itu, telah terpilih Stephani  Dania sebagai Ketua dan Yoke Pribadi sebagai Wakil Ketua. Dengan terbentuknya IKA-MIS diharapkan Unpar dapat memanfaatkan, mengkoordinasikan, dan mengembangkan jejaring untuk kemajuan semua pihak. Aumni juga memiliki “rumah” untuk saling berkomunikasi dan bersilaturahmi.