Parahyangan untuk Desa, Bakti Mahasiswa UNPAR akan Persoalan Sosial

UNPAR.AC.ID, Bandung – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (BEM UNPAR)  usai melaksanakan program Parahyangan untuk Desa (PARADE) 2022 yang telah berlangsung sebulan lamanya sejak 20 Agustus -4 September 2022. PARADE merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengabdian Masyarakat BEM UNPAR 2022 yang memiliki tujuan untuk mewujudkan mahasiswa UNPAR yang peduli terhadap persoalan sosial masyarakat.

Hal tersebut diwujudkan dalam pembaktian ilmu pengetahuan dan kebermanfaatan untuk meningkatkan potensi wisata yang berkelanjutan khususnya pada Kampoeng Tjibarani, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Sebagaimana keterangan tertulis dari BEM UNPAR yang dikutip pada Senin (12/9/2022), dijelaskan bahwa upaya peningkatan potensi wisata telah dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun dan opsi dapat diperpanjangan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) wilayah binaan UNPAR dengan Kampoeng Tjibarani. Program wilayah binaan UNPAR ini berfokus kepada masyarakat Kampoeng Tjibarani yang membutuhkan bantuan untuk membangkitkan kembali potensi wisata kampung yang kurang dikelola dengan baik akibat adanya pandemi Covid-19.

Dok. BEM UNPAR

Adapun rangkaian acara yang telah berlangsung kurang lebih sebulan itu di antaranya dimulai dengan pembukaan pada 20 Agustus 2022 lalu. Hari selanjutnya, dilanjutkan dengan workshop yang terbagi menjadi dua sesi. Pertama berjudul “Pengelolaan Sisa Sampah Organik Menjadi Kompos” dan sesi kedua bertajuk “Belajar Bersama Matematika & Bahasa Inggris.

Tak hanya itu, tim Pengabdian Masyarakat BEM UNPAR juga memberikan penyuluhan pelatihan “Konten Digital pemasaran Kampoeng Tjibarani”, pada 27 Agustus 2022. Kemudian penyuluhan Sustainable Tourism pada 3 September 2022 dan dilanjutkan dengan kegiatan lainnya.

Adapun workshop pengajaran Bahasa Inggris dan Matematika dibawakan dari TBI Bandung dan pengajaran melibatkan mahasiswa dari Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Matematika UNPAR.

Dok. BEM UNPAR

Sedangkan, penyuluhan Pelatihan Konten Digital Pemasaran Kampoeng Tjibarani dibawakan oleh Daniel Hermawan, S.AB., M.Si., MBA (Dosen Administrasi Bisnis UNPAR). Sementara Penyuluhan Sustainable Tourism disampaikan oleh Tommy Timotius Sugiarto.

Pembukaan, Workshop dan Peresmian diselenggarakan di Wilayah Kampoeng Tjibarani. Sedangkan penyuluhan diselenggarakan di Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

UNPAR.AC.ID, Bandung – Dewasa ini, kesejahteraan ekonomi merupakan hal yang masih sulit untuk dicapai. Faktor utama dari kesejahteraan bukan lagi berbicara mengenai ekonomi semata, lebih jauh lagi berbicara mengenai kemanusiaan dan hal tersebut harus dapat diukur. ...

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

UNPAR.AC.ID, Bandung – Panitia Proses Seleksi Rektor Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan 6 nama Bakal Calon Rektor UNPAR masa bakti 2023-2027 di Selasar Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise UNPAR, Kamis (26/1/2023). Dari 10 Pelamar Bakal Calon Rektor, 6...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Sep 12, 2022

X