Home / Berita Terkini / Parahyangan Future Leader 2019: Be a Prepared Leader for a Brighter Future

Parahyangan Future Leader 2019: Be a Prepared Leader for a Brighter Future

Lembaga Kepresidenan Universitas Katolik Parahyangan (LKM Unpar) kembali menyelenggarakan Parahyangan Future Leader 2019 pada tanggal 2 dan 9 November 2019 yang masing-masing diselenggarakan di Kampus Pascasarjana dan Kampus Ciumbuleuit Unpar. Parahyangan Future Leader 2019 melibatkan 42 peserta yang terdiri dari mahasiswa Unpar serta narasumber yang membawakan materi mengenai persiapan dunia kerja. 

Parahyangan Future Leader (PFL) adalah acara kepemimpinan yang diisi dengan kegiatan seperti seminar, talkshow dan lomba studi kasus. Acara ini ditujukan untuk memberikan pembekalan soft skill kepemimpinan kepada mahasiswa Unpar untuk dapat berdinamika dengan rekan kerja yang memiliki latar belakang yang berbeda di dunia pekerjaan nanti.

Dengan tagline yang berbunyi “Be a prepared leader for a brighter future!”, PFL 2019 mengangkat tema persiapan dunia kerja yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tema ini dipilih dengan harapan agar acara PFL kali ini dapat menjadi wadah dan sarana bagi mahasiswa Unpar dalam mempersiapkan dan mengembangkan potensi-potensi diri untuk bekal setelah menyelesaikan program perkuliahan. 

Rangkaian Acara

Acara pembuka PFL 2019 yang diselenggarakan di Pascasarjana Unpar pada Sabtu (2/11) terdiri dari pembekalan materi dan pemberian studi kasus. Dalam sesi ini, PFL 2019 mengundang Kreeshna Siagian, M.A. (Program Manager Southeast Asia, Payjoy Indonesia), yang memberikan seminar mengenai proyeksi. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan dari perlombaan studi kasus.

Sedangkan rangkaian acara pada Sabtu (9/11) terdiri dari sesi seminar, presentasi studi kasus, beserta penjurian presentasi studi kasus. Materi mengenai Critical Thinking dibawakan oleh Dr. Endang Suraningsih, M.M., Psi, (Direktur Keuangan dan SDM PT Bhanda Ghara Reksa). Acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari Valentin Archie Gyasmara, S.T., mengenai kolaborasi. Selain itu terdapat perlombaan studi kasus dan talkshow alumni yang menghadirkan Erwin Sofianto, M.M. (Assistant Vice President Human Capital Business Partner PT Bank OCBC NISP Tbk), dan Stephen Angkiriwang, S.Ip (Driver Experience Manager Gojek).

Acara yang berjalan lancar dan sesuai dengan harapan menjadi hasil positif dari hasil kerja keras panitia PFL 2019. Menurut Ketua Pelaksana PFL Rizka Ayudia (Manajemen 2017), tantangan tersulit yang harus dihadapi dari awal persiapan hingga hari H acara adalah bagaimana menjaga semangat panitia dan menjalankan koordinasi antar divisi untuk memastikan kinerja dan kelancaran acara.  Hal tersebut terbayar setelah melihat tanggapan peserta yang pada umumnya positif. “Mereka terinspirasi akan materi yang dibawakan oleh para pembicara,” ungkap Rizka.

“Seminar, talkshow, lokakarya, perlombaan, ataupun kepanitiaan itu sangat bermanfaat. Jangan bosan untuk mengikuti kegiatan dalam perkuliahan ataupun di luar perkuliahan untuk penembangan soft skill,” pesan Rizka. Dewasa ini pentingnya pengembangan soft skill sebagai penunjang keberhasilan di dunia kerja telah menjadi perhatian bagi banyak mahasiswa. Hal tersebut mendorong mahasiswa untuk giat mengikuti kegiatan-kegiatan baik yang bersifat akademik maupun non-akademik yang diselenggarakan dengan tujuan pengembangan soft skill. (MGI/DAN)