Home / Berita Terkini / Paduan Suara Mahasiswa Unpar: Kompetisi The 3rd International Baltic Sea Choir Competition

Paduan Suara Mahasiswa Unpar: Kompetisi The 3rd International Baltic Sea Choir Competition

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (PSM Unpar) merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam bidang musik, khususnya tarik suara. PSM Unpar didirikan pada tahun 1962 di bawah pimpinan A.P. Sugiharto.

Berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional telah diraih. Prestasi internasional pertama diraih di bawah bimbingan Avip Priatna yang merupakan salah satu tim penasihat PSM Unpar hingga saat ini. Prestasi internasional yang pertama tersebut menjadikan PSM Unpar pelopor paduan suara Indonesia dalam mengikuti kompetisi tingkat dunia.

Di bawah arahan Avip Priatna pada tahun 1995, PSM Unpar berhasil meraih peringkat pertama pada The Nederlands International Koor Festival di Arnheim, Belanda. Dengan prestasi yang telah diraihnya, PSM Unpar  telah menunjukan potensinya sebagai salah satu paduan suara terbaik.

Ajang perlombaan paduan suara yang telah diikuti PSM Unpar dalam empat tahun terakhir, yaitu 51st International Competition of Choral Singing 2014, Spital an der Drau dan meraih juara 1 Mixed Choir, Best Interpretation Song (Gloria Patri-Budi Susanto Yohanes), dengan conductor Ivan Yohan, lalu pada tahun 2016 PSM Unpar mengikuti ajang 27th Bela Bartok  International Choir Competition and Folklore Festival dan meraih juara 2 Chamber Choir, juara 3 Mixed Choir dengan conductor Ivan Yohan, serta pada tahun yang sama mengikuti perlombaan 62nd International Choral Contest Habaners and Polyphony dan meraih juara 2 kategori Polifoni, juara 3 kategori Habaners dan meraih penghargaan Premio Fransisco Vallejos (Tu РEduardo Sanchez de Fuentes) dengan conductor Ivan Yohan.

Pada September 2018 mendatang, PSM Unpar akan mengikuti kompetisi paduan suara di Latvia yaitu The 3rd International Baltic Sea Choir Competition. Kompetisi dilakukan tepatnya di Dzintari Concert Hall Jurmala, Latvia, pada 21 hingga 24 September.

Sebelumnya, PSM Unpar akan mengadakan konser Pre-Competition di dua kota yakni Bandung yang bertempat di Aula Yohanes Paulus II, Kantor Keuskupan Bandung, Jalan Moh. Ramdan No. 18 dan di Jakarta yang bertempat di Pusat Perfilman Usmar Ismail Jalan H. R. Rasuna Said Blok C No. 22 Jakarta Selatan. Acara dimulai pada pukul 16.00 dan 19.30 WIB hingga selesai.

 

Penulis: Tim PSM Unpar