Mengenal Dosen Unpar Berprestasi Dalam Kinerja Penelitian

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) memberikan apresiasi bagi anggota komunitasnya yang berhasil menghasilkan capaian terbaik setiap tahunnya. Penghargaan atas prestasi ini diberikan bagi perseorangan dosen, karyawan, mahasiswa, pengelola jurnal, program studi hingga fakultas.

Pada Dies Natalis ke-66, Unpar memberikan penghargaan bagi para dosen berprestasi berdasarkan kinerja penelitian di tahun 2020. Berikut adalah lima dosen berprestasi Unpar di tahun 2021.

Haryanto M. Siahaan, S.Si., M.Si., Ph.D.

Dosen Fisika Unpar ini memiliki ketertarikan akan penelitian fisika teoretis, khususnya berkaitan dengan lubang hitam. Hasil penelitiannya telah diakui tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di kalangan akademik internasional. 

Naskah akademik karya tunggalnya telah dimuat dalam empat paper di European Physical Journal C dan Physical Review D. Kedua jurnal ini merupakan jurnal internasional yang terindeks Scopus Q1.

Beliau juga memiliki 17 dokumen dalam Scopus yang telah dikutip sebanyak 148 sitasi dengan H-Index Scopus 7. Di lingkungan Unpar, Ia berada pada peringkat SINTA yang ke-10.

Dr. Maria Widyarini, S.E., M.T.

Namanya tidak asing lagi bagi akademisi bisnis dan kewirausahaan di Unpar. Aktif terlibat dalam Pusat Studi CoE SMEd Unpar, ia juga tergabung sebagai anggota dalam jaringan Global Entrepreneurship Monitor atau GEM. 

Aktivitas keilmuannya tidak hanya terbatas pada penulisan akademik pada jurnal nasional maupun internasional, tetapi juga beragam sertifikat hak cipta. Di tahun 2020, dosen Ilmu Administrasi Bisnis Unpar ini mendapatkan lima sertifikat hak cipta, termasuk Website Kampung Adat Cireundeu di Cimahi dan Proses Pembelajaran dengan Animasi dan Games sederhana.

Di tengah kesibukannya mengajar, ia banyak terlibat dalam aktivitas penelitian dan pengabdian masyarakat. Tercatat pada tahun 2020, ia melaksanakan tujuh kegiatan penelitian dan pengabdian yang didanai secara eksternal, termasuk menggunakan pendanaan Ristek/BRIN. 

Prof. Dr. Purnama Salura, Ir., M.T., MBA

Satu dari tiga orang Guru Besar baru di lingkungan Unpar, ia memiliki kontribusi keilmuan yang besar dalam bidang arsitektur, terutama pada aspek sejarah, teori dan falsafah arsitektur. 

Di tahun 2020, ia menghasilkan dua publikasi internasional mengenai kajian arsitektur vernakular Sunda, di Politeknik Bandung dan ITB. Karya penelitian akan bangunan tradisional di Jakarta, Semarang, Cirebon, Bali dan daerah-daerah lain juga telah dipublikasikan dalam delapan jurnal nasional.

Prof. Purnama Salura adalah dosen dengan peringkat SINTA tertinggi di Unpar berdasarkan kriteria publikasi dan sitasi selama tiga tahun berturut-turut. Sebanyak 13 dokumen karyanya terindeks dalam Scopus, sedangkan pada Google Scholar ia memiliki 113 dokumen akademik terindeks.

Catharina Badra Nawangpalupi, Ph.D.

Kepala LPII Unpar ini menaruh perhatian besar pada perkembangan kewirausahaan dan inovasi. Ia terlibat aktif di dunia kewirausahaan internasional, yaitu sebagai Vice President Program International Council for Small Business (ICSB) juga selaku pengurus GEM.

Sebagai dosen Teknik Industri di Unpar, dia aktif menulis artikel jurnal serta bab dalam buku. Ia juga mengelola beragam penelitian yang didanai oleh pihak eksternal seperti pemerintah dan lembaga internasional.

Tri Basuki Joewono, Ph.D.

Di tengah kesibukannya sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Unpar, ia tetap aktif mengembangkan wawasan keilmuan dalam bidang transportasi. Salah satunya, Ia pernah mendapatkan hibah penelitian RISTEK-BRIN melalui skema Invitasi (World Class Research).

Di tahun 2020, ia menghasilkan beberapa luaran penelitian, yaitu bab dalam buku internasional, buku, serta artikel yang dimuat pada jurnal nasional serta internasional terindeks Scopus Q1 dan Q2. Dalam Scopus, ia memiliki 20 artikel terindeks dengan jumlah sitasi 219 dan H-index 7. 

Pengakuan dan apresiasi terhadap dosen berprestasi di lingkungan Unpar tidak hanya sebatas kebanggaan semata. Diharapkan, prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh Komunitas Akademik Unpar untuk terus aktif mengembangkan ilmu dan mengamalkannya bagi kemajuan semesta. (DAN – Divisi Publikasi)