Home / Berita Terkini / Mengembangkan Bisnis Lewat Analisis Big Data

Mengembangkan Bisnis Lewat Analisis Big Data

Unpar Plus menghadirkan webinar bertajuk “Big Data Analysis in Business Competition: Why and How to Prepare” pada Jumat (8/5/2020). Webinar yang terbuka untuk umum ini mengundang Dr. Arief Gusnanto yang merupakan Associate Professor di Department of Statistics, University of Leeds sebagai narasumber dengan moderator Gandhi Pawitan.

Melalui webinar ini, Arief Gusnanto menjelaskan betapa analisis big data telah memberikan perubahan besar bagi perekonomian global, khususnya di era Revolusi Industri 4.0 ini. Hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, melainkan juga usaha-usaha kecil dan menengah. Pengumpulan, analisis, dan pemanfaatan data yang ada dapat memberikan keuntungan besar dalam kompetisi.

Dalam paparannya, Arief menjelaskan adanya empat aspek atau Four V dalam Big Data. Keempat hal tersebut adalah Volume atau ukuran data, Variety atau jenis data, Velocity yang merujuk pada analisis data berjalan, serta Veracity atau ketepatan data. Melalui analisis Big Data yang tepat, dapat diambil keputusan bisnis yang baik dan selangkah lebih maju.

Arief kemudian memberikan studi kasus bagaimana big data dapat meningkatkan daya saing suatu usaha, lewat kasus Amazon (e-commerce), Walmart (wholesale market) dan General Electric (manufacturing industry). Ketiga bisnis ini menggunakan big data dengan cara yang berbeda, mulai dari analisis prediktif hingga sistem monitoring operasi, namun membuktikan bahwa pemanfaatan analisis big data dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis mereka.

Tentu saja, analisis big data bukan jawaban bagi seluruh masalah bisnis. Kemampuan analisis dan identifikasi masalah sangat diperlukan dalam menentukan hingga mengolah dan memanfaatkan data. Selain itu, perlu persiapan baik dari sisi teknis dan infrastruktur penunjang. Terakhir, kualitas sumber daya manusia sebagai ilmuwan data yang memiliki kemampuan analitik yang baik juga dibutuhkan untuk menganalisis big data.

Dengan ketersediaan data yang berlimpah, bisnis perlu memanfaatkan big data dengan tepat sesuai kebutuhannya. Analisis big data yang baik lewat ilmu data science dan kemampuan analitik dapat meningkatkan peluang bisnis untuk maju dalam persaingan usaha. (DAN – Divisi Publikasi)