Menelisik Pemanfaatan Mekanika dan Bahan Material dalam Upaya Arsitektur Berkelanjutan

UNPAR.AC.ID, Bandung –  Isu tentang keberlanjutan banyak digaungkan di berbagai aspek pada saat kini. Begitu pula dengan arsitektur yang ikut dalam upaya membangun keberlanjutan melalui lingkungan binaan. Di antara pendekatan untuk mencapai keberlanjutan tersebut dalam arsitektur adalah struktur kinetik dan smart materials.  

Hal tersebut mengemuka dalam Webinar bertajuk “Kinetic & Smart Architecture: A Sustainable Design for The Future” pada Sabtu (4/3/2023) lalu. Webinar tersebut merupakan hasil kolaborasi dari Arsitektur dan Teknik Mekatronika Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bersama dengan Bambu Kinetik (BATIK). Acara tersebut menghadirkan; Vincent Blouin, Ph.D., dari Clemson University; Dr. Ir. Bagus Arthaya, M.Eng., dari Mekatronika UNPAR; Qingqing Sun, Ph.D., dari Appalachian State University; serta Sida Rai Ph.D., dari Clemson University.

Vincent menuturkan, ada berbagai bagian dalam membangun smart materials, yaitu kondisi fisik dari material, mekanikal, termal, elektrikal, bahan kimia, dan magnetik.

“Semua fenomena tersebut masuk dalam bangunan yang terintegrasi melalui material kecil kedalam struktur dan kepada bangunan itu sendiri,” kata Vincent.

Lebih lanjut, Vincent menuturkan jika ada dua tipe smart materials, yaitu pengubah properti dan pengubah energi.

Smart materials dengan menggunakan perubahan properti bekerja dengan merubah satu atau lebih properti yang ada karena adanya suatu rangsangan yang dapat terjadi lewat mekanikal, termal, elektrikal, bahan kimia, atau magnetik.

“Contohnya adalah Photochromic material, dimana Photo adalah suatu rangsangan, dan chromic adalah propertinya. Dalam kasus ini adalah merubah warna. Material akan merubah warna yang berasal dari rangsangan Photo berupa cahaya,” tutur Vincent.

Sedangkan smart materials dengan mengubah energi, bekerja dengan mengubah satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya dengan cara reversible dan repeatable.

“Contohnya adalah Photovoltaic material dimana Photo sebagai energi yang masuk, dan voltaic sebagai energi yang keluar. Dalam kasus ini, Photo yang berupa energi sinar UV menjadi energi listrik. Keduanya merupakan suatu energi,” kata Vincent.

Dalam arsitektur, Vincent mencontohkan beberapa implementasi smart materials yang sudah digunakan pada beberapa kasus seperti:

  1. Penggunaan Electrochromic sebagai material jendela untuk mengontrol masuknya panas matahari.
  2. Piezo-electric yang dapat dimanfaatkan untuk memanen energi yang bekerja juga mengubah kekuatan mekanik menjadi listrik.
  3. Self-cleaning yang dibuat dengan lapisan titanium dioksida sebagai pembersih jendela atau kaca yang besar secara otomatis.

Sementara itu, dosen Mekatronika UNPAR, Dr. Ir. Bagus mengatakan, berbagai contoh dalam penggunaan mekanika dalam arsitektur sudah banyak ditemukan. Contohnya adalah fasad yang dapat bergerak sesuai dengan kondisi tertentu. Untuk dapat mengoperasikan gerakan tersebut dalam struktur bangunan mekanik, memerlukan sebuah aktuator.

“Aktuator merupakan perangkat yang menghasilkan gerakan dengan mengubah energi dan sinyal masuk ke sistem. Gerakan yang dihasilkannya dapat berupa putar atau linier,” tutur Bagus.

Bagus mengatakan jika aktuator mekanis adalah mekanisme yang menggunakan sumber tenaga untuk mencapai gerakan fisik. Hal tersebut dapat ditemukan di hampir setiap mesin atau mekanisme otomatis. Beberapa sumber tenaga aktuator antara lain: tenaga mekanik/ kimiawi, pneumatik (tekanan udara), hidrolik (tekanan fluida), dan listrik. (RBF-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Di tengah perkembangan abad ke-21 yang membawa perubahan cepat dan mendasar, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menggelar Kuliah Umum Estetika bertajuk “Seni, Komunitas, dan Penghayatan Pengetahuan” pada Kamis (13/06/2024). Acara ini...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Mar 8, 2023

X