MENEFESTO 2020, Wujudkan One Planet Economy

Untuk ke-12 kalinya, Program Studi Sarjana Manajemen Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan MENEFESTO. Dari tahun ke tahun, MENEFESTO selalu mengalami perkembangan mulai dari segi konten, gaya menampilkan acara, maupun tempat penyelenggaraan. 

MENEFESTO 2020 yang diselenggarakan pada 14 hingga 16 Januari 2021 mengangkat tema One Planet Economy. Istilah ini merujuk pada poin 12 Sustainable Development Goals atau SDGs, yakni konsumsi dan produksi bertanggung jawab. 

One Planet Economy menggambarkan suatu keadaan di mana kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab lingkungan dengan apapun yang kita lakukan, baik itu dalam berbisnis maupun kehidupan sehari-hari, sehingga kita bisa hidup bersama-sama dengan bumi tanpa harus mengeksploitasi alam demi kepentingan diri sendiri.

MENEFESTO berkolaborasi dengan berbagai pihak dari luar Unpar untuk mendukung penyelenggaraan acara tersebut. Misalnya, dalam bentuk webinar yang membagikan pengetahuan maupun pengalaman dari narasumber yang kompeten sesuai dengan tema yang diangkat.

Konsep Daring

Cynthia Leonita selaku Ketua Pelaksana MENEFESTO 2020 mengungkapkan bahwa banyak kesulitan yang dialami dalam prosesnya seperti menciptakan konsep acara yang fresh di masa pandemi ini, mengingat MENEFESTO 2020 diadakan secara daring. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi kinerja dan semangat seluruh panitia hingga acara ini sukses terselenggara, bahkan juga mendapatkan apresiasi banyak pihak. 

“Jujur awalnya kami merasa takut dan khawatir karena ini merupakan MENEFESTO online pertama. Namun setelah berjalannya acara, saya sangat lega dan bangga karena dengan kerja keras kami, akhirnya kami bisa memberi satu cerita yang manis di awal tahun ini,” ungkap Cynthia dalam wawancara dengan Tim Publikasi UNPAR pada Senin (18/1/2021). 

MENEFESTO merupakan festival tahunan manajemen yang diselenggarakan oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Praktik Manajemen dan Praktik Bisnis di Program Studi Sarjana Manajemen Unpar. Praktik Manajemen menekankan akan kekreativitasan mahasiswa dalam membuat rangkaian acara, serta bagaimana berorganisasi yang baik dalam suatu tim, sedangkan untuk Praktik Bisnis menekankan bagaimana cara mengelola serta menghasilkan uang dalam berbisnis. (JNS/DAN – Divisi Publikasi)