Mechatronics Day, Ajang Unjuk Karya Mahasiswa Mekatronika UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Mahasiswa Mekatronika pada Teknik Elektro Universitas Katolik Parahyangan mempresentasikan penelitian dan produk yang telah mereka rancang selama satu semester. Beberapa produk yang menarik perhatian di antaranya adalah sistem penyiraman otomatis hingga miniatur pesawat berbasis motor servo dan sensor IMU (Inertial Measurement Unit) serta pemilah permen/cokelat berbasis warna.

Dosen Mekatronika Dr. Christian Fredy Naa dalam keterangan tertulisnya menuturkan, produk yang dirancang para mahasiswa tersebut dipresentasikan dalam event Mechatronics Day, yang telah berlangsung pada 24-25 Januari 2022 lalu, di Gedung Fakultas Teknologi Industri. Mechatronics Day merupakan event rutin yang diadakan setiap akhir semester, dimana mahasiswa yang mengambil mata kuliah berbasis tugas mandiri dan project.

Pada semester ganjil 2022/2023, terdapat 20 presenter untuk mata kuliah Kerja Mandiri Terpantau, 11 produk dari mata kuliah Sistem Tertanam, 13 produk dari mata kuliah Project Mekatronika, 5 produk dari mata kuliah Pengantar Mekatronika dan 4 jenis usaha dari mata kuliah Technopreneurship. 

Untuk mata kuliah Sistem Tertanam pada semester ini bertemakan Smart Home (rumah cerdas). Terdapat beberapa produk yang menarik perhatian di antaranya:

  1. Sistem Penyiraman Otomatis;
  2. Panel Lampu Pintar Modular dengan Pendeteksi Suara dimana produk ini dapat digunakan sebagai hiasan di rumah; 
  3. Wake-up Helper by Force System dimana produk ini dapat membantu manusia untuk bisa bangun pagi;
  4. Dispenser air otomatis dimana pengguna dapat mengisi air minum dengan volume yang telah ditentukan; 
  5. Sistem Exhaust Fan Otomatis dengan Image Processing yang dapat mengatur kondisi udara di dalam ruangan secara spesifik berdasarkan manusia yang dikenali lewat kamera. 

“Produk-produk tersebut dipertunjukan dan akan dikembangkan lebih lanjut pada mata kuliah lain di semester selanjutnya,” tuturnya, sebagaimana dikutip pada Selasa (31/1/2023)

Lebih lanjut, untuk mata kuliah Project Mekatronika, produk yang menarik perhatian adalah Cold Brew Coffee Maker Based on Arduino dimana pengguna dapat membuat minuman campuran kopi, gula dan krim berdasarkan preferensi yang spesifik.

Sementara untuk mata kuliah Pengantar Mekatronika yang mayoritas merupakan mahasiswa baru, ada dua produk yang menarik perhatian yakni perancangan miniatur pesawat berbasis motor servo dan sensor IMU serta pemilah permen/cokelat berbasis warna. 

Mechatronics day ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Katolik Parahyangan Mangadar Situmorang, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Tri Basuki Joewono, Ph.D. dan Wakil Rektor Bidang Organisasi & Sumber Daya Gery Raphael Lusanjaya, S.E., M.T. serta Dekan Fakultas Teknologi Industri Dr. Thedy Yogasara, ST, M.EngSc. 

“Diharapkan acara Mechatronics Day ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat nuansa akademik di Program Studi Sarjana Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika serta dapat menjadi ajang aktualisasi diri mahasiswa dengan karya-karyanya,” ucapnya.

8 Program Baru UNPAR

Program Mekatronika UNPAR merupakan satu dari 8 program teranyar yang UNPAR tawarkan. Lulusan Mekatronika UNPAR juga diharapkan menjadi pionir dari keilmuan Mekatronika yang terbilang masih sedikit di Indonesia.

Selain Mekatronika, program lain yang bisa menjadi pilihan yaitu Data Science, Integrated Arts, Bisnis Digital, Fisika Medis, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga & Kewirausahaan.

UNPAR juga menyediakan beragam beasiswa bagi mahasiswa dan calon mahasiswa baru 2023. Sebanyak 6 program beasiswa kuliah bisa menjadi pilihan bagi para siswa lulusan SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke UNPAR. Banyak benefit yang ditawarkan, mulai dari pemberian keringanan hingga bantuan biaya studi.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui Layanan Informasi PMB UNPAR dengan mengirimkan pesan pada e-mail admisi@unpar.ac.id, telepon (022) 2032655 atau info lebih lanjut di akun @unparofficial (Instagram) dan @unpar (Official Line. Juga melalui Hotline PMB UNPAR 0815-7010-000 (Chat Only). (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jan 31, 2023

X