Matematika UNPAR Kembali Selenggarakan KOMAT 2023 Sasar Pelajar SMP dan SMA

Image Source: KOMAT UNPAR/matematika.unpar.ac.id

UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Matematika Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika (HMPSMa) UNPAR kembali menyelenggarakan Kompetisi Matematika (KOMAT) sejak Agustus 2023 lalu. KOMAT sendiri merupakan kompetisi tahunan tingkat nasional untuk pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA).  

Setelah melalui babak final yang diselenggarakan pada Sabtu (18/11/2023) lalu, berikut ini merupakan pemenang dari masing-masing tingkat:

  • Tingkat SMP:
    • Juara 1: Daffa Atha Arkana (MTsN 1 Kota Malang)
    • Juara 2: Evan Syatia To (SMPK 4 Penabur Jakarta)
    • Juara 3: Jaden Nathaniel (SMPK 1 BPK Penabur Bandung)
    • Juara 4: Kenzo Alvaro Lim (SMP Witama Nasional Plus)
    • Juara 5: Gabriella Natalia Rosa Karsono (SMP PL Bintang Laut Surakarta)
  • Tingkat SMA:
    • Juara 1: Rafael Nevan Prayogo (SMA Wardaya)
    • Juara 2: Fauzi Kemal Maulidi (SMA Cahaya Rancamaya)
    • Juara 3: Jesreel Hasiholan Tua Sigalingging (SMAK 5 Penabur Jakarta)
    • Juara 4: Matthew Ravanelli Tjiptono (SMAK BPK Penabur Banda)
    • Juara 5: Nathan Chrisopherson Kwok (SMAK 6 Penabur Jakarta)

Sebagaimana dikutip dari matematika.unpar.ac.id, KOMAT 2023 terdiri dari empat babak yakni babak penyisihan dan perempat final secara online, serta semifinal dan final secara offline. Di babak semifinal, sejumlah 29 siswa SMP peserta akan mengerjakan 5 soal uraian dalam waktu 120 menit untuk memilih 5 siswa SMP dan 5 siswa SMA untuk maju ke babak terakhir. Di dalam babak final, peserta akan diberikan satu soal pemecahan masalahan dan mempresentasikan jawabannya di hadapan para juri. 

Mengusung tema ‘Horizon’, KOMAT 2023 berharap dapat menjadi salah satu sarana untuk memperdalam minat terhadap matematika namun juga menjadi wadah untuk mengasah kemampuan siswa SMP dan SMA dalam bidang matematika. Hal ini dilatarbelakangi oleh istilah horizon yang merupakan garis semu antara laut dan langit yang seakan menjadi pembatas ketika kita melihatnya dari pantai. Hal ini seumpama dengan  ilmu matematika yang luas dan dalam seperti lautan serta tinggi dan jauh seperti langit. 

Informasi lebih lanjut mengenai KOMAT UNPAR dapat dilihat melalui situs komat-unpar.com atau matematika.unpar.ac.id serta melalui instagram @komatunpar. (KTH-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Nov 20, 2023

X