Mahasiswa UNPAR Raih Wings Scholarship, Benefit Beasiswa Juga Jaminan Kerja Lulus Kuliah

UNPAR.AC.ID, Bandung – Empat mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan (FTI UNPAR) berhasil menerima beasiswa Wings Scholarship Program 2022 dari salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG) besar di Indonesia, Wings Group. Para mahasiswa tersebut berhasil mendapatkan beasiswa dari Wings setelah melalui berbagai tahapan seleksi. 

Empat orang mahasiswa angkatan 2020 yang dinyatakan berhasil mendapatkan beasiswa tersebut yaitu :

  1. Vincentius Jonathan Wibowo (Program Studi Teknik Industri)
  2. Daniel Saputra Agustian ( Program Studi Teknik Kimia) 
  3. Jaya Chandra ( Program Studi Teknik Industri)
  4. Daniel ( Program Studi Teknik Industri) 

Sekadar informasi, Wings Scholarship Program merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang terjalin antara UNPAR dan Wings dalam pengembangan bidang pendidikan sejalan dengan Tridarma Perguruan Tinggi dan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya. 

Adapun skema beasiswa yang diberikan meliputi:

  1. Pembayaran biaya pendidikan secara menyeluruh selama 4 semester.
  2. Pemberian produk WINGS berupa kebutuhan sehari-hari secara masif setiap 3 bulan.
  3. Jaminan posisi pada WINGS Group setelah lulus.
  4. Memiliki peluang untuk mengeksplorasi kemampuan dengan menjadi WINGS Ambassador pada acara yang dilaksanakan di Universitas.

Vincentius Jonathan Wibowo, salah seorang penerima beasiswa Wings menceritakan motivasi awal ketika dirinya mendaftar Wings Scholarship Program 2022 yaitu ingin membantu orang tua dalam meringankan biaya kuliah dan memperluas jejaring.

“Pertama, karena aku ingin membantu orang tua untuk meringankan biaya kuliah. Pada saat aku mengikuti sounding tentang beasiswa WINGS Group, benefit yang ditawarkan oleh WINGS Group sangat menguntungkan. Kedua, karena aku ingin memperluas koneksi, tidak hanya koneksi internal UNPAR, namun juga koneksi eksternal di luar UNPAR,” tuturnya, sebagaimana dikutip pada Senin (18/10/2022).

Dia pun menyampaikan bahwa keuntungan yang didapat sangat membantu dirinya dalam menempuh perkuliahan. 

“Benefit yang ditawarkan oleh beasiswa WINGS Group ini sangat banyak, mulai dari membantu membiayai kuliah kalian dari semester 5 hingga semester 8, memberikan WINGS supply package setiap 3 bulan, dan juga kalian diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan WINGS Group selama 2 tahun setelah kalian lulus dari kuliah,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa proses tahapan yang dijalaninya tidaklah sulit namun membutuhkan niat yang sangat tinggi. Meski demikian, keuntungan yang ditawarkan oleh WINGS sepadan dengan perjuangan yang dilalui.

“Tahap pertama, aku diminta untuk submit video tentang perkenalan, alasan, serta motivasi aku ingin mengikuti program beasiswa WINGS Group yang berdurasi maksimal 3 menit. Setelah itu ada tahap wawancara, dan tahap wawancara ini dilakukan sebanyak 3 kali,” ucap Vincent. 

Menurut Vincent, tahapan yang paling sulit pada tahap pertama yaitu membuat video motivasi dan perkenalan karena banyak hal yang harus dipersiapkan dan memakan waktu yang cukup lama. Dengan demikian, bantuan dari keluarga sangat membantu dirinya dalam menyelesaikan proses pembuatan video.

“Pada saat membuat video tersebut banyak sekali yang harus dipersiapkan mulai dari script, konsep video, dan juga pada saat proses recording-nya memakan waktu yang cukup lama, kurang lebih sekitar 3 jam. Pada proses pendaftaran beasiswa ini aku sangat bersyukur karena pihak keluargaku sangat mendukung bahkan kakak ku rela meluangkan waktunya untuk membantu aku dalam membuat script dan pada saat proses recording video,” ujarnya. 

Tak lupa Vincent berterima kasih kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri (HMPSTI) dan pihak Fakultas Teknik Industri (FTI) UNPAR. 

“Aku ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri dan pihak FTI UNPAR yang sudah membantu menyebarkan tentang beasiswa WINGS Group ini kepada saya dan teman-teman mahasiswa lainnya,” katanya.

Sebagai penutup, Vincent juga menyampaikan harapannya untuk teman-teman mahasiswa, UNPAR, dan WINGS ke depannya. 

“Semoga aku dan teman–teman penerima beasiswa WINGS Group lainnya dari UNPAR dapat memberikan impresi yang baik kepada pihak WINGS Group, karena ini adalah batch pertama antara kerjasama WINGS Group dengan UNPAR. Aku berharap juga penerima beasiswa WINGS Group dari UNPAR semakin banyak,” tuturnya. (JES-Humkoler  UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Oct 18, 2022

X