Mahasiswa UNPAR Raih Medali Perunggu di Kompetisi MIPA 2021 Kemendikbudristek

UNPAR.AC.ID, Bandung – Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Elbert Louis meraih medali perunggu pada Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2021 yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasional (PPN) pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI. Elbert yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Matematika pada Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) itu meraih medali perunggu di bidang Matematika.

KNMIPA merupakan ajang kompetisi sains tingkat nasional jenjang pendidikan tinggi yang terdiri dari bidang Fisika, Kimia, Matematika, dan Biologi. Tahun ini, KNMIPA diselenggarakan secara daring karena situasi pandemi Covid-19 di Indonesia. KNMIPA berlangsung sejak 27-30 Juli 2021 dan diikuti 260 finalis dari seluruh Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala PPN Asep Sukmayadi dalam siaran tertulisnya menyampaikan bahwa KNMIPA berawal dari seleksi pada tingkat Perguruan Tinggi kemudian dikurasi hingga tingkat wilayah provinsi dan berakhir di tingkat nasional.

Jumlah peserta yang mengikuti seleksi KNMIPA 2021 sebanyak 3.838 mahasiswa yang telah mendaftar dari 296 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Rinciannya, lanjut Asep, peserta KNMIPA jenjang wilayah terdiri dari 809 peserta bidang Fisika, 1.046 peserta bidang Biologi, 1.175 peserta bidang Matematika, serta 808 peserta bidang Kimia. 

Seleksi awal peserta pada tingkat Perguruan Tinggi telah dilakukan pada Februari 2021. Dari seleksi awal tersebut berhasil dijaring 65 peserta dari setiap bidangnya di setiap wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) dan selanjutnya berkompetisi di tingkat nasional. 

“Dari seleksi wilayah, telah terpilih 260 mahasiswa terbaik yang berkompetisi di tingkat nasional dan memperebutkan 4 medali emas, 6 medali perak, 10 medali perunggu, dan 5 peraih honorable mention,” tuturnya.

Adapun dewan juri KNMIPA terdiri dari 34 pengajar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Sanata Dharma, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Andalas, Universitas Mataram, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Bengkulu, dan Universitas Tanjungpura. 

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek, Ainun Na’im pun menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa yang terus berprestasi dan berinovasi. Sesjen Ainun menekankan, MIPA merupakan bidang yang sangat penting karena menjadi fondasi perkembangan ilmu-ilmu lainnya.

“Ilmu ekonomi, bisnis, keuangan, teknik, dan kesehatan, itu tidak lepas dari MIPA. Bahkan Revolusi industri 4.0 dan perkembangan TIK dan internet pun tidak lepas dari MIPA. Sehingga, tak salah kalau adik-adik punya semangat dan niat yang tinggi untuk jadi ahli bidang MIPA,” ucap Sesjen Ainun. 

Lebih lanjut, dirinya berharap agar semangat para mahasiswa tak berhenti di kompetisi ini. Ia pun mengingatkan para peserta untuk terus tanggap dan cepat beradaptasi pada perkembangan  teknologi dan informasi yang demikian cepat. 

“Semoga adik-adik mahasiswa selalu semangat untuk belajar sepanjang hayat, peduli terhadap pembangunan berkelanjutan. Kemendikbud Ristek lewat kebijakan Merdeka Belajar juga terus mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam akademik, namun juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter,” kata Sesjen Ainun. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jul 31, 2021

X