Mahasiswa UNPAR Pamerkan Ragam Prototipe Cemerlang di Showcase Perancangan Produk

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi saksi perhelatan spektakuler ketika mahasiswa Program Studi Teknik Industri dari semester 4 menyelenggarakan acara Showcase Perancangan Produk IDEA 2023 pada Kamis (22/05/2023) lalu. Dalam acara ini, mahasiswa telah menghasilkan serangkaian prototipe yang mengintegrasikan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang diusung Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Bukan sekadar perlombaan, showcase ini merupakan praktikum nyata bagi para mahasiswa Teknik Industri dalam menerapkan pengetahuan teoritis ke dalam wujud produk yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Seluruh prototipe yang dipamerkan dalam showcase ini telah mempertimbangkan 17 tujuan SDGs, menunjukkan keseriusan dan komitmen para mahasiswa untuk menciptakan perubahan yang positif melalui rancangan produk yang mereka kembangkan.

Salah satu prototipe yang dibuat adalah jaket anti air yang dibuat sesuai dengan tujuan nomor 3 dari SDG, yakni kehidupan sehat dan sejahtera. Jaket ini dirancang dengan material anti air dan reflektif serta memiliki lampu di kedua sisi jaket dan juga airbag

Ide produk ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan dan mengurangi dampak dari kecelakaan yang mungkin terjadi.

Contoh prototipe lainnya adalah smart bottle yang dirancang sebagai pengingat penggunannya untuk mengonsumsi obat. Ide produk ini juga berupaya untuk mencapai tujuan nomor 3 dari SDG juga. 

Mahasiswa yang terlibat merasa bahwa showcase seperti ini penting dan bermanfaat karena dari showcase ini para mahasiswa dan seluruh pihak yang terlibat dapat merancang ide produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan tujuan SDG. (NAT/SYA-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jun 26, 2023

X