Mahasiswa UNPAR Juara 3 Lomba Panahan Piala Kadisjasad 2022

UNPAR.AC.ID, Bandung – Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali torehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih juara tiga dalam kejuaraan panahan Piala Kadisjasad yang diselenggarakan oleh Dinas Jasmani TNI Angkatan Darat (Disjasad) pada 26 – 29 Mei 2022 lalu. 

Dalam kejuaraan panahan tersebut, Nyi Mas Zahra Almira yang merupakan mahasiswa aktif Jurusan Manajemen UNPAR angkatan 2020 mewakili tim panahannya yaitu RR Archery Club untuk bertanding pada kategori Barebow umum sejauh 20 meter. 

Zahra mengatakan alasannya mengikuti kejuaraan panahan ini karena ingin menantang diri sendiri, menambah pengalaman, dan belajar dari pemanah secara teknik dan hal lainnya.

“Aku ikut lomba ini karena sebenarnya ingin challenge diri sendiri, menambah pengalaman juga, dan belajar dari pemanah yang lain mengenai teknik panahan mereka dan lainnya,”  ucapnya, saat dikonfirmasi, Rabu (10/8/2022).

Tantangan paling sulit lainnya adalah ketika pelatih tidak ikut mendampinginya saat bertanding karena perannya sangat dibutuhkan saat pertandingan berlangsung. Zahra mengaku ini merupakan kali pertama perlombaan tanpa didampingi oleh pelatih dan sempat merasa pesimis tanpa kehadiran coach namun pada akhirnya dia berhasil meraih juara ketiga dalam kejuaraan panahan tersebut.

“Tantangan paling sulit itu karena enggak ada coach/official yang mendampingi aku jadi terasa beda, karena tidak ada yang mengingatkan  aku salah dimana dan harus dibenerin yang mana. Ini pengalaman pertama aku tanding tanpa ada coach yang dampingi,  karena ini baru banget buat aku dan memang bisa dibilang aku agak bergantung sama coach,” ujar Zahra. 

Persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti perlombaan ini pun bermacam-macam seperti latihan secara rutin dan persiapan mental menuju pertandingan. Dia mengakui bahwa pertandingan tersebut cukup menegangkan karena pihak TNI Angkatan Darat langsung yang mengadakan kejuaraan panahan tersebut. 

“Persiapannya yang pasti latihan rutin karena olahraga panahan memang harus latihan rutin karena kalau misalnya ke-skip latihan sekali dua kali, pas balik latihan lagi kayak ngulang dari awal. Itu harus siapkan mental karena latihan dan pertandingan itu jelas berbeda,” tuturnya.

Zahra pun menyampaikan harapan kedepannya untuk dirinya sendiri dan UNPAR.

“Rencana kedepannya tentu saja mau coba ke tingkat yang lebih tinggi lagi baik itu nasional maupun internasional. Serta mau naik jarak ke 50 meter. Semoga bisa lebih banyak mahasiswa UNPAR yang mau coba olahraga panahan juga karena seru,” kata Zahra. (JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Aug 10, 2022

X