Home / Berita Terkini / Mahasiswa Teknik Sipil Raih Dua Penghargaan di CNE 2017

Mahasiswa Teknik Sipil Raih Dua Penghargaan di CNE 2017

Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Dalam rangkaian kegiatan Civil National Expo (CNE) 2017 yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil Universitas Tarumanagara, dua tim mahasiswa Unpar berhasil menjadi juara dalam kategori Lomba Estimasi Biaya Proyek dan Lomba Analisis Pondasi. Kedua tim ini masing-masing beranggotakan Putri Widya Larasati (2014410181), Meilita Kainardi (2014410054), dan Hendry Justin (2014410099) yang mengikuti Lomba Estimasi Biaya Proyek, serta Raymond Utama (2014410079) dan Dominico Savio Steven S. (2014410175) sebagai peserta Lomba Analisis Pondasi. Kedua tim ini didampingi oleh dua tenaga pengajar Unpar, yaitu Yohanes Lim Dwi Adianto, Ir., MT dan Budijanto Widjaja, Ph.D.

Perjalanan mahasiswa untuk meraih prestasi ini cukup panjang. Dimulai dari analisis soal, hingga masuk dalam babak penyisihan dan akhirnya pengumuman lima tim finalis. Setelah terpilih sebagai salah satu finalis, dua tim mahasiswa Teknik Sipil Unpar ini mempresentasikan hasil analisis mereka di depan Dewan Juri pada Jumat (5/5) lalu. Kedua tim berhasil meraih Juara 3 pada masing-masing perlombaan.

Kegiatan CNE sendiri adalah kegiatan ilmiah tahunan berskala nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Tarumanagara (IMASTA) dan Jurusan Teknik Sipil Universitas Tarumanagara. CNE menjadi wadah bagi mahasiswa teknik sipil Indonesia untuk menyalurkan ide-ide inovatif yang bermanfaat bagi masa depan.

Adapun, lima kategori lomba dalam rangkaian kegiatan ini meliputi Lomba Beton Nasional ke-21, Lomba Estimasi Biaya Proyek, Lomba Analisis Transportasi, Lomba Analisis Pondasi, serta Lomba Perencanaan Sistem Pengolahan Sumber Daya Air. Selain Perlombaan, CNE juga menyelenggarakan Seminar serta Job Fair yang terbuka untuk umum.

Meilita Kainardi, salah satu peserta CNE yang dihubungi Tim Publikasi Unpar melalui pesan elektronik pada (12/5) mengungkapkan perasaan senangnya dapat mengikuti perlombaan tersebut.

“Kesan dalam mengikuti lomba ini sangat banyak. Apalagi bagi kami bertiga, ini adalah pertama kalinya kami mengikuti lomba semasa kuliah”, ujarnya.

“Kami awalnya sangat kaget kami berhasil lolos ke babak final. Harapan kami adalah agar peserta tahun depan dapat meraih juara 1 dan merebut piala bergilir”, pungkasnya.

Rangkaian kegiatan CNE bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai ahli teknik sipil yang berkualitas, sehingga bermanfaat bagi pembangunan nasional di masa mendatang.