Mahasiswa Teknik Informatika UNPAR Raih Tiga Medali Perunggu di POMNAS 2023

UNPAR.AC.ID, Bandung – Rio Alexander, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) angkatan 2019, meraih kesuksesan gemilang di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2023 yang digelar di Banjarmasin. Rio berhasil memenangkan tiga medali perunggu dalam kategori Embu Berpasangan Putra I/II DAN, Embu Beregu Campuran, dan Embu Beregu Putra.

Motivasi Rio untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini adalah untuk memperbanyak pengalaman dan jam terbangnya, terutama karena ia bersama pasangannya akan berkompetisi di PON XXI Aceh/Sumut 2024.

“Pelatih PON saya menyarankan untuk meningkatkan jam terbang kami berdua melalui partisipasi pada POMNAS ini,” ungkap Rio sebagaimana dikutip melalui wawancara tertulis, Selasa (21/11/2023).

Meskipun menghadapi tantangan waktu latihan yang minim, hanya dua minggu, karena jadwal yang padat dan kendala lainya seperti pasangannya harus mengikuti kejuaraan dunia World Taikai di Jepang terlebih dahulu, Rio dan pasangannya tetap gigih.

“Jika saja kami diberikan waktu tambahan untuk berlatih selama satu bulan, kemungkinan medali emas berada di tangan,” gurau Rio.

Rio juga membagikan pengalaman unik selama kompetisi, termasuk momen ketegangan saat upacara penghormatan pemenang. “Hal yang paling menegangkan adalah ketika upacara penghormatan pemenang dimana yang juara 1 sampai 3 dipanggil untuk pengalungan,” ujarnya.

Dukungan dari kampus, khususnya dukungan finansial dari Direktorat Kemahasiswaan UNPAR, turut berkontribusi besar terhadap penampilan dan pengalaman Rio selama POMNAS. 

“Berkat dukungan finansial tersebut saya dapat pergi bertanding ke Banjarmasin, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya saat disana pun jadi terpenuhi,” katanya.

Rio juga mengucapkan terima kasih kepada pasangannya, pelatih, dan pihak kampus yang telah memberikan dukungan selama perjalanan menuju pencapaian gemilang ini. 

“Terima kasih kepada pasangan saya, David Sutanto, yang sudah mau menemani saya selama lebih dari satu tahun ini dan menerima segala kekurangan saya ketika sedang berlatih,” ungkapnya.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada senpai saya, Senpai Yogi, yang sudah menemani kami mulai dari latihan sampai menemani kami semua selama di Banjarmasin. Terima kasih juga kepada Pak Gugie yang sudah membantu proses pembiayaan saya untuk berpartisipasi ke POMNAS ini, lalu kepada Mas Luqi yang sudah senantiasa menemani Tim Jawa Barat, serta Pak Inu yang sudah membantu kami selama kami berada di Banjarmasin,” lanjut Rio.

Sebagai peserta POMNAS 2023 yang sukses, Rio memberikan saran kepada teman-teman sejawat di UNPAR, “Kejarlah passion kita masing-masing, jangan buat omongan orang lain menghalangi dari apa yang membuat kita bahagia, asalkan hal tersebut tidak merugikan pihak lain.” Lalu, harapannya untuk UNPAR adalah agar tetap mempertahankan dukungannya terhadap para mahasiswa yang juga seorang atlet agar tetap bisa menempuh prestasi di kedua bidangnya. (NAT-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Nov 22, 2023

X