Mahasiswa UNPAR Raih National Bronze Medalist di Ajang ICPC Asia Jakarta 2021

UNPAR.AC.ID, Bandung – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) dalam ajang kompetisi paling bergengsi. Kali ini, tim kompetisi pemrograman Teknik Informatika UNPAR berhasil meraih National Bronze Medalist dalam ajang International Collegiate Programming Contest (ICPC) Asia Jakarta 2021.

Prestasi tersebut mengantarkan UNPAR menjadi salah satu dari 4 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia pada ICPC Asia Jakarta 2021. Mereka yang mewakili UNPAR dalam perhelatan tersebut yaitu, Jiang Han, Warren Mazmur, dan Bryan Heryanto yang didampingi oleh Husnul Hakim, S.Kom., M.T. ,

“Dalam ICPC Asia Jakarta 2021, tim kompetisi pemrograman Teknik Informatika UNPAR berhasil meraih gelar National Bronze Medalist atau meraih medali perunggu sebagai salah satu tim nasional terbaik. Dengan raihan ini, tim kompetisi pemrograman Teknik Informatika UNPAR berhasil membawa UNPAR menjadi salah satu dari 4 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia,” demikian keterangan tertulis yang diterima, Selasa (23/11/2021).

Sebagai informasi, ICPC adalah kompetisi pemrograman algoritmik untuk mahasiswa. Pada kompetisi ini, mahasiswa membentuk tim yang terdiri dari tiga orang untuk mewakili universitas mereka. Para anggota tim bekerja untuk memecahkan berbagai masalah dunia nyata dengan cara membuat program komputer.

Melalui kompetisi ini, para peserta didorong untuk dapat berkolaborasi, berkreasi, berinovasi, dan mampu tampil di bawah tekanan. Bagaimana tidak, dalam lima jam, mereka harus menyelesaikan 8 – 13 soal dan membuat program untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Itulah mengapa kompetisi pemrograman tertua dan terbesar ini menjadi kompetisi paling bergengsi di dunia.

Pada ICPC terdapat beberapa level kompetisi, di antaranya adalah multiprovincial (national) contest, regional contest, dan world final. National contest diikuti oleh peserta-peserta dari satu negara yang sama. Di Indonesia, misalnya terdapat Indonesia National Competition (INC). Regional Contest adalah kontes di tingkat benua, misalnya terdapat ICPC Asia Jakarta, ICPC Asia Manila, ICPC Asia Singapore, dan lain-lain.

ICPC Asia Jakarta 2021 baru saja diselenggarakan pada 20 – 21 November 2021. Dalam situasi pandemi Covid-19, kompetisi diselenggarakan secara online. Untuk menjaga sportivitas dalam kompetisi ini, diterapkan berbagai peraturan sehingga kemungkinan terjadinya kecurangan menjadi sangat kecil. Misalnya, dengan adanya tiga kamera yang harus dipasang untuk mengawasi peserta, microphone yang menyala, dan berbagai peraturan lainnya. Meskipun dilakukan secara online, peserta tetap antusias mengikuti kompetisi ini. Buktinya, kompetisi ini tetap diikuti oleh berbagai universitas di Asia seperti Singapura dan Filipina. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

UNPAR.AC.ID, Bandung – Dewasa ini, kesejahteraan ekonomi merupakan hal yang masih sulit untuk dicapai. Faktor utama dari kesejahteraan bukan lagi berbicara mengenai ekonomi semata, lebih jauh lagi berbicara mengenai kemanusiaan dan hal tersebut harus dapat diukur. ...

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

UNPAR.AC.ID, Bandung – Panitia Proses Seleksi Rektor Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan 6 nama Bakal Calon Rektor UNPAR masa bakti 2023-2027 di Selasar Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise UNPAR, Kamis (26/1/2023). Dari 10 Pelamar Bakal Calon Rektor, 6...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Nov 23, 2021

X