Mahasiswa Hukum UNPAR Raih Posisi Runner Up Model United Nations 2023

UNPAR.AC.ID, Bandung – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH UNPAR) Nelson Timothy Tjahyadi berhasil meraih raih posisi runner up dalam perlombaan taraf internasional dan bergengsi Model United Nations (MUN). Model United Nations (MUN) 2023 merupakan acara yang diadakan oleh Universitas Indonesia pada 11 Mei sampai 14 Mei 2023 lalu. 

Model United Nations (MUN) adalah lomba simulasi rapat PBB terbesar di Asia dan tertua di Indonesia. Tahun ini merupakan tahun pertama MUN bersifat luring pasca pandemi 3 tahun lalu lomba ini diadakan secara daring.  

Nelson mendapatkan Crisis Committee dengan topik The Awakening of Indonesia Youth (1997-1998) dengan alokasi Yohannes Slamet Purwadi. Beda dengan komite biasa MUN, Crisis Committee lebih dinamik dan membahas topik-topik bersejarah. Dalam kasus IMUN 2023 adalah masa Reformasi.

“Topiknya mengenai gerakan mahasiswa jadi saya lebih fokus kepada teknikalitas seperti sistematika organisasi dan lain-lain,” tuturnya saat diwawancara sebagaimana dikutip Kamis (15/6.2023)

Dia mengatakan persiapan yang dilakukan sekitar 2 sampai 3 bulan sebelum perlombaan dimulai mulai dari sisi administratif sekitar 1-2 minggu hingga pengajuan sponsor secara individual.

“Dalam proses pengajuan sponsor ada bantuan PMUNC yang dipimpin mahasiswa Fakultas Filosofi yaitu Melvyn Kairupan ke Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) UNPAR,” ujar mahasiswa angkatan 2022 tersebut. 

Nelson mengatakan bahwa tantangan terbesar yang dihadapinya yaitu ketika menghadapi berbagai peserta. Kendati demikian, Nelson tetap membantu membimbing mereka untuk mengatasi hal tersebut. 

“Tantangan yang saya hadapi ketika dealing with high schoolers yang melakukan riset secara minim. Namun saya mencoba mengatasi hal tersebut dengan membimbing mereka,” ucapnya. 

Dirinya pun menyampaikan harapan baik untuk dirinya dan mahasiswa UNPAR untuk mengikuti berbagai ajang bergengsi, baik untuk kepentingan diri sendiri maupun bagi UNPAR.

“Saya berharap UNPAR mendukung terus mahasiswanya dari fakultas manapun. Diharapkan MUN UNPAR juga dapat berkembang dan dilihat seperti organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lainnya,” ucap Nelson. (JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jun 15, 2023

X