Home / Calon Mahasiswa / Mahasiswa HI Unpar lolos seleksi SUSI Kedubes AS

Mahasiswa HI Unpar lolos seleksi SUSI Kedubes AS

Zeva Aulia Sudana, mahasiswa HI Unpar angkatan 2007, telah berhasil lolos dari program seleksi yang sangat ketat yang diikuti ratusan mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam The Study of the United States Institute on Religious Pluralism (SUSI) di Temple University Philadelphia, 8 Januari-12 Februari 2011. Program pertukaran eksklusif (exclusive Exchange Program ) ini diselenggarakan oleh kedutaan Amerika Serikat.

The Study of the United States Institute (SUSI) for Indonesian Student Leaders on Religious Pluralism akan membahas pluralism beragama di Amerika dari segi sejarah, masyarakat, dan institusi-institusi dalam konteks religious pluralism dan inter-faith dialogue. Topik-topik yang akan dibahas misalnya adalah tradisi-tradisi awal keagamaan di AS, pemisahan gereja dengan urusan negara, imigrasi dan perkenalan agama-agama baru di AS, perlindungan dan keterwakilan kelompok-kelompok minoritas dan agama-agama, inter-faith dialogue dan kerjasama di dunia yang memiliki keberagaman tinggi dan putaran perubahan yang cepat.

Peserta akan bertemu dengan pemimpin-pemimpin komunitas dari berbagai macam kepercayaan yang mengadvokasi kerjasama dan toleransi diantara kelompok-kelompok agama di AS. Peserta juga akan menganalisis peran kepemimpinan yang dilakukan para pejabat keagamaan di komunitasnya masing-masing dan mengembangkan ide-ide bagaimana mereka akan bekerjasama dengan para pemimpin dari kepercayaan yang mirip atau berbeda agar menciptakan perubahan sosial yang positif.

Program ini akan terdiri dari diskusi-diskusi seminar, readings, presentasi-presentasi kelompok, dan perkuliahan. Perjalanan pendidikan ke New York, kunjungan-kunjungan, dan kesempatan menjadi relawan yang semuanya akan memperkaya pengalaman kegiatan belajar di kelas.