Mahasiswa HI UNPAR Gelar Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Berbasis Gender

UNPAR.AC.ID, Bandung – Dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap isu kekerasan berbasis gender, Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI UNPAR) menggelar kampanye “16 Hari Anti Kekerasan” pada Jumat (8/12/2023). Acara ini, yang merupakan kerja sama dengan Keuskupan Bandung, Jaringan Mitra Perempuan Bandung, dan Samahita, diadakan di Taman FISIP UNPAR dan Ruang Audiovisual Gedung 3 FISIP UNPAR.

Yulia “Indri” Sari, dosen mata kuliah Gender dalam Hubungan Internasional di UNPAR, menjelaskan pentingnya inisiatif ini.

“Isu kekerasan berbasis gender sering kali diabaikan karena bersifat sensitif, struktural, berakar, dan kompleks. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong sivitas akademika UNPAR untuk terlibat aktif,” ujar Indri.

Ia menambahkan, “Kami bertujuan untuk mengajak diskusi mengenai hal-hal sensitif ini, membangun kesadaran melalui dialog yang tidak menakutkan, namun menarik. Fokus kampanye kali ini adalah interaktivitas dengan tema ‘Unite, Invest’, yang artinya adalah investasi untuk pencegahan,”

Indri menekankan pentingnya sosialisasi dan diseminasi informasi sebagai salah satu metode pencegahan yang efektif.

Kegiatan ini awalnya terfokus pada kekerasan terhadap perempuan, namun berkembang untuk mencakup aspek kekerasan berbasis gender yang lebih luas. Inspirasi utama kampanye ini adalah perayaan global 16 hari tanpa kekerasan berbasis gender, yang berakhir pada Hari Hak Asasi Manusia, tanggal 10 Desember.

Indri juga mengapresiasi antusiasme mahasiswa dalam mata kuliah terkait. “Terdapat peningkatan jumlah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Gender dalam Hubungan Internasional. Hal ini menunjukkan adanya ketertarikan yang tinggi terhadap isu gender,” ungkapnya.

Mahasiswa terlibat dalam proses kreatif dan kritis dalam menciptakan berbagai instalasi. Karya-karya ini mencerminkan pemahaman mereka mengenai berbagai bentuk kekerasan berbasis gender, seperti kekerasan terhadap tubuh, ruang aman, ekspresi gender, dan kaitannya dengan kekerasan seksual.

“Mereka menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang kekerasan berbasis gender, penyebabnya, serta stigma dan stereotip yang memperpanjang kekerasan seksual. We, as lecturers, are really proud of all of them,” jelas Indri.

Mengenai dampak jangka panjang, Indri menyatakan, “Walaupun kampanye ini tidak dapat secara langsung menciptakan dampak jangka panjang terhadap isu kekerasan seksual dan berbasis gender, kami berharap kesempatan ini dapat menjadi fondasi bagi mahasiswa untuk lebih menyadari dan konsisten dalam mempromosikan kesetaraan gender.” 

Menurut dia, Ketidaknyamanan dalam membahas isu ini dapat menjadi awal dari proses pembelajaran yang penting.

Acara ini diakhiri dengan pengumuman pemenang karya kampanye dan disertai penampilan tari dan pantomim, menandakan kerja sama erat antara dosen dan mahasiswa dalam mengatasi isu kekerasan berbasis gender. Inisiatif ini membuka ruang dialog yang lebih sehat dan produktif, dengan pendekatan yang interaktif dan inklusif. (NAT-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Dec 8, 2023

X