Mahasiswa dan Dosen Mekatronika UNPAR Unjuk Gigi dalam Mechatronics Day 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Jurusan Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) telah mengadakan acara tahunan yang sangat dinantikan, Mechatronics Day, pada Selasa, (23/01/2024), dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB di Lantai 2 Gedung 10 UNPAR.

Mechatronics Day merupakan wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk memamerkan karya inovatif yang telah mereka hasilkan selama semester tersebut. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk mempresentasikan hasil kerja mereka dan menunjukkan potensi serta prestasi jurusan Teknik Elektro, terutama dalam bidang mekatronika.

Acara ini terdiri dari berbagai kegiatan yang menarik. Salah satu acara utamanya adalah seminar Kerja Mandiri Terpantau Mahasiswa (Kermantau), di mana mahasiswa memaparkan hasil karya mereka dalam bentuk seminar. Acara ini juga akan menampilkan presentasi dari para dosen Teknik Elektro. Selain itu, ada pameran hasil karya mahasiswa, termasuk proyek-proyek Mekatronika, Sistem Tertanam dan Mikroprosesor, Pengantar Mekatronika, dan Sistem Mekatronika Cerdas.

Tidak hanya mahasiswa UNPAR yang berpartisipasi dalam Mechatronics Day, tapi juga siswa SMA pemenang kompetisi Mechatronic Robotic Competition. Mereka juga akan memamerkan hasil karya mereka, menambahkan keragaman dalam acara ini. 

Ada banyak proyek inovatif yang akan dipamerkan, termasuk robot pelayan makanan semi-otonom, pembersih kaca gedung otomatis, atap yang bisa bergerak secara cerdas, sistem pemindai RFID berbasis IoT, sistem keamanan pintu berbasis pemindai sidik jari dengan Arduino, hingga penala gitar otomatis. Proyek-proyek ini mencerminkan kombinasi teknologi elektronika, mekanika, dan pemrograman yang digunakan untuk menciptakan solusi-solusi yang efisien dan inovatif.

Mechatronics Day bukan hanya tentang memamerkan hasil karya, tetapi juga tentang berkompetisi dan berbagi pengetahuan. Jurusan Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika UNPAR berharap dapat lebih dikenal oleh masyarakat melalui acara ini, bukan hanya sebagai institusi pendidikan, tetapi juga sebagai sumber ide dan inovasi yang membanggakan. Informasi lebih lanjut mengenai karya-karya mahasiswa dapat ditemukan melalui tautan berikut: https://drive.google.com/file/d/1IVTunqT7D0EEhGQUM3MuCCj0sZXye3r4/view. (NAT-Humas UNPAR)

Berita Terkini

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

Selami Seni dan Komunitas dalam Kuliah Umum Estetika UNPAR

UNPAR.AC.ID, Bandung – Di tengah perkembangan abad ke-21 yang membawa perubahan cepat dan mendasar, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menggelar Kuliah Umum Estetika bertajuk “Seni, Komunitas, dan Penghayatan Pengetahuan” pada Kamis (13/06/2024). Acara ini...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jan 25, 2024

X