LPSK Lakukan Audiensi Bersama UNPAR, Ajak Kolaborasi Diseminasi hingga Advokasi

UNPAR.AC.ID, Bandung – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengajak Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH) UNPAR berkolaborasi melakukan kajian bersama hingga terlibat dalam program perlindungan saksi dan korban berbasis komunitas.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua LPSK RI Antonius PS Wibowo saat melakukan audiensi bersama UNPAR, pada Kamis (10/03/2023). Hadir dalam audiensi tersebut Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D; Dekan FH UNPAR Dr. iur. Liona Nanang Supriatna; Kepala Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pengayoman UNPAR Valerianus Beatae Jehanu, S.H., M.H.; Kepala Program Studi Magister Ilmu Hukum dan Doktor Ilmu Hukum FH UNPAR Dr. Tristam Pascal Moeliono, S.H., M.H., LL.M.; jajaran dosen, perwakilan dari Satuan Tugas  Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual UNPAR, dan perwakilan dari Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) UNPAR.

Audiensi tersebut sebagai tindaklanjut telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara LPSK dengan UNPAR pada 7 Februari 2023 tentang  Perwujudan Perlindungan Saksi dan Korban dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam audiensi juga dibahas lebih lanjut berbagai peluang dan implementasi kerja sama yang bisa dikolaborasikan kedua belah pihak, khususnya menggandeng FH UNPAR dalam pelaksanaan ke depannya.

Wakil Ketua LPSK RI Antonius PS Wibowo mengatakan, LPSK dan UNPAR memiliki banyak kesamaan terutama dalam hal kemanusiaan. Menurutnya, banyak hal yang bisa dikerjakan bersama dengan UNPAR, mulai dari kolaborasi publikasi hingga advokasi bagi pemulihan korban.

“LPSK dan UNPAR memiliki banyak kesamaan, kita banyak bersinggungan dengan orang lemah, miskin, terpinggirkan. Menurut saya, itu menjadi tugas kita bersama untuk memperhatikan mereka,” ucapnya.

Tak hanya itu, kerja sama dalam memberikan pendampingan di peradilan hingga pemulihan psikososial pun dinilai bisa dilakukan bersama  LBH Pengayoman UNPAR dan LPH UNPAR. Lebih jauh lagi, LPSK mengajak para akademisi UNPAR untuk melihat urgensi biaya medis bagi masyarakat yang menjadi korban kejahatan. Pada prinsipnya, lanjut dia, negara harus hadir bagi para korban.

“Mari kita mendesain yang diterima semua pihak, khususnya bagi pemulihan korban. Juga mengajak UNPAR dalam program perlindungan saksi dan korban berbasis komunitas,” ucapnya.

Rektor Mangadar pun menyambut baik kerja sama yang akan dijalin ke depannya, khususnya UNPAR melalui Fakultas Hukum bersama LPSK. Rektor berharap, kerja sama nanti berbasis nilai kemanusiaan dan penegakan HAM yang sejalan dengan Spiritualitas dan Nilai-Nilai Dasar UNPAR (SINDU) yang dipegang sebagai bagian dari komunitas akademik UNPAR.

“UNPAR berkepentingan dengan nilai-nilai humanis akademik., namun sangat penting bagi kami untuk saling mengingatkan satu sama lain. Didukung oleh mitra kami seperti LPSK, diharapkan mekanisme internal yang telah kami buat makin diperkuat. UNPAR memiliki sikap yang sama atas HAM dan kemanusiaan,” ujar Rektor.

Menurut Rektor, hal-hal esensial seperti kolaborasi riset, publikasi, kampanye perlindungan saksi dan korban, serta mendukung kerja dari LPSK itu sendiri akan membawa dampak signifikan bagi UNPAR sebagai penyelenggara pendidikan tinggi. 

“Ini juga menjadi tanggung jawab kami sebagai lembaga pendidikan tinggi. Tentu sangat mendukung kerja sama yang dilakukan, khususnya dengan FH UNPAR,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan FH UNPAR Dr. iur. Liona pun mengatakan segera menyusun program bersama LPSK. Beberapa hal yang telah didiskusikan selama audiensi segera ditindaklanjuti bersama tim dari FH UNPAR. Mulai dari rencana diseminasi hingga advokasi bagi pemulihan korban.

“Beberapa hal nantinya saya rasa bisa dikolaborasikan antara LPSK dan FH UNPAR, terutama untuk diseminasi. Juga bisa bekerja sama nantinya dengan LBH Pengayoman dan Satgas PPKS UNPAR,” tuturnya. (JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR dan Bank BJB Bersinergi Dorong Pertumbuhan UMKM melalui BJBPreneur

UNPAR.AC.ID, Bandung – Pada Selasa (20/02/2024), Ruang Multifungsi PPAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menjadi arena yang ramai oleh kehadiran para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dalam acara “BJBPreneur: Future for Sustainability on Campus”. Acara...

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR Raih 3 Gold Winner Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Universitas Katolik Parahyangan meraih tiga Gold Winner Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Tahun 2024, yang bertempat di The Grand Krakatau Ballroom pada Senin (19/2/2024) malam. Dalam malam penganugerahan tersebut,...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Mar 10, 2023

X