Home / Berita Terkini / Lomba Karya Tulis Mahasiswa dan Workshop Menulis se-Indonesia

Lomba Karya Tulis Mahasiswa dan Workshop Menulis se-Indonesia

lomba karya tulis mahasiswa

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan, yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan.

Guna memberikan ruang serta kesempatan bagi para mahasiswa/i Indonesia untuk menuangkan ide-ide kreatifnya dalam menulis, maka pada tanggal 2-4 April 2009 Kelompok Studi Pengkaji Masalah Internasional UNPAR bekerjasama dengan program studi Ilmu Hubungan Internasional, serta harian The Jakarta Post telah menyelenggarakan kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa dan Workshop Menulis se-Indonesia pada tanggal 2 – 4 April 2009.

Lomba yang bertemakan Connecting to the World: Writing Down the Globalized World in Your Perspective” tersebut diikuti oleh mahasiswa/i dari berbagai universitas seperti Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), UIN Kalijaga Yogyakarta, STT Telkom, Universitas Langlang Buana (UNLA), serta mahasiswa/i Universitas Katolik Parahyangan . Juri dalam lomba tersebut adalah Bapak Bonggas Adi Chandra (UNPAR), Bapak Budiana (Pikiran Rakyat), dan Ibu Peni Hanggarini (Universitas Paramadina Jakarta).

Adapun pemenang dari lomba ini adalah: Pemenang 1: Adi Mulia Pradana (Universitas Gadjah Mada), Pemenang 2: Andika Putraditama (UNPAR), Pemenang 3:Febe Amalia Haryanto (UNPAD), dan 3 karya tulis pilihan (pemenang harapan) yaitu: Zeva Aulia Sudana (UNPAR), Takdir Ilahi (UIN Kalijaga Jogjakarta), dan Wulani Sriyuliani (UNPAR).

Selain lomba, diadakan juga workshop menulis untuk mendorong dan mengasah kemampuan menulis dan menyunting dengan baik untuk kebutuhan akademik, memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar menulis yang dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan akademis dan mampu mengemas tulisan yang layak untuk dibaca dalam lingkungan akademik. Pembicara dalam workshop ini antara lain Harry Bhaskara dan Tertiani ZB Simanjuntak dari Jakarta Post. Di dalam acara workshop itu, terdapat talkshow dengan Sukawarsini Djelantik, Glen Carolus Pattiradjawane, Adeste Apriyanti, dan Fahd Djibran.