Home / Berita Terkini / LKTI & KODEMA 2016: Piala Bergilir Professor Arief Sidharta

LKTI & KODEMA 2016: Piala Bergilir Professor Arief Sidharta

Pada Jumat (12/02) lalu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Katolik Parahyangan (HMPSIH Unpar) kembali menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Kompetisi Debat Sekolah Menengah Atas (KODEMA) 2016.

“Untuk pertama kalinya, kompetisi ini diselenggarakan secara nasional. Kegiatan ini merupakan salah satu media bagi pelajar-pelajar SMA untuk berlatih berpikir logis, kritis, dan yudiris,” jelas Umar Musa Sembiring selaku Ketua Pelaksana LKTI dan KODEMA Tingkat Nasional 2016.

Kompetisi ini diawali dengan tahap seleksi LKTI yang diselenggarakan pada November 2015 lalu dengan mengundang 100 Sekolah Menengah Atas (SMA). Hasilnya, empat belas delegasi lolos ke tahap selanjutnya, yaitu KODEMA.

Berlangsung selama tiga hari berturut-turut, KODEMA terbagi ke dalam tiga tahap seleksi yaitu penyisihan, semi-final, dan final. Panitia juga mengundang beberapa mahasiswa berprestasi dan alumni serta dosen Fakultas Hukum (FH) Unpar sebagai dewan juri selama kompetisi berlangsung.

Setelah melewati proses final pada (14/02), peserta yang berhasil meraih gelar juara dalam LKTI adalah SMAK 2 BPK Penabur Bandung (Juara 1), SMAN 1 Garut (Juara 2 dan 3). Sedangkan untuk KODEMA, dua tim dari SMAN 1 Garut berhasil menjadi Juara 1 dan 3, serta tim SMAN 1 Bandung meraih Juara 2. Terpilih sebagai pembicara terbaik KODEMA adalah Chandra Sugianta (SMAK 2 BPK Penabur Bandung). Tampil sebagai juara umum adalah SMAN 1 Garut.

Dalam sesi penutupan dan pengumuman juara, ‘Piala Bergilir Professor Arief Sidharta’ sebagai persembahan istimewa bagi (alm.) guru besar FH Unpar, secara khusus diberikan oleh Ibu Lani, istri beliau. Piala tersebut menjadi kebanggaan serta sebuah penghargaan kepada tim yang mendapatkan akumulasi juara terbanyak dan tertinggi (juara umum).

Umar berharap penyelenggaraan kegiatan ini di tahun-tahun berikutnya akan semakin baik. “Semoga LKTI dan KODEMA yang diadakan Unpar menjadi standar penyelenggaraan Kompetisi Debat SMA dan Lomba Karya Tulis di Indonesia,” ungkap mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di semester IV, FH Unpar.