Home / Berita Terkini / Live Sharing Session with IO UNPAR: Maintaining Mental Health while Coping with the Spread of Covid-19 Outbreak

Live Sharing Session with IO UNPAR: Maintaining Mental Health while Coping with the Spread of Covid-19 Outbreak

Semua orang merasakan dampak penyebaran COVID-19. Dengan jumlah kasus yang terus meningkat di Indonesia, menjaga jarak sesama (social distancing) menjadi suatu kebutuhan. Sembari melaksanakan hal-hal yang diperlukan dalam meredam penyebaran virus tersebut, kita tetap perlu menjalankan berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Menekankan pentingnya kesejahteraan komunitas akademiknya, termasuk para mahasiswa asing, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) melalui Kantor Internasional dan Kerjasama atau International Office of Unpar (IO Unpar) menyelenggarakan kegiatan sharing session daring dengan topik “Maintaining Mental Health while Coping with the Spread of COVID-19 Outbreak” pada Rabu (8/4/2020).

IO Unpar mengundang Maria T. Puspaningsing, M.Psi., Konselor dan Psikolog dari Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) Unpar sebagai pembicara untuk membagikan tips-tips dasar dalam menghadapi kondisi yang dipengaruhi oleh pandemi ini. Sekitar 20 mahasiswa internasional Unpar, sebagian besar dari Program Kemitraan Negara Berkembang (KNB) bergabung dalam kegiatan ini..

Maria menjelaskan bahwa Covid-19 jelas bukan penyakit psikologis. Sayangnya, hal tersebut bisa jadi mempengaruhi kesehatan psikologis kita. “To keep in mind, it is not the virus that affected our mental health. It is the situation caused by the spread of the virus that affected our mental health (Jadi, bukan virus yang mempengaruhi kesehatan mental kita. Adalah situasi yang disebabkan oleh penyebaran virus itulah yang mempengaruhi kesehatan mental kita),” jelasnya. Dia menyarankan untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan pikiran serta tetap berhubungan dengan sesama (misalnya melalui media sosial), juga mencari bantuan bila dibutuhkan.

Para mahasiswa aktif terlibat dalam sesi tanya jawab. Banyak dari mereka menanyakan saran dalam mengurangi kegelisahan selama masa-masa ini dan aktivitas positif dan produktif apa saja yang disarankan sembari belajar di rumah. Live Sharing Session ini ditujukan sebagai forum bagi mahasiswa internasional Unpar dalam mendukung satu sama lain dan mengingatkan sesama untuk tetap sehat, aman, dan positif. (/DAN – Bagian Publikasi. Sumber: Dialihbahasakan dari Rilis IO Unpar)