Home / Berita Terkini / Listra Unpar Juara 1 Lomba Denscup XIX

Listra Unpar Juara 1 Lomba Denscup XIX

Tim Reang Panjingkrak Listra Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) meraih Juara 1 dalam ajang Denscup XIX: Braces FKG Universitas Trisakti. Prestasi Listra kali ini mengulang pencapaian di tahun lalu, yakni Juara 1 di perlombaan yang sama dengan materi Tari Gondewa.

“Listra udah 2 kali ikutan lomba Denscup itu. Taun kemaren juga. Syukurnya juara ke-1 juga taun kemaren. Dan sekarang (tahun 2018), Listra dapet juara ke-1 juga,” kata Ghautami Kelama Alara Ketua Listra 2018-2019.

“Kesan-kesannya seneng. Ada rasa takut dan grogi juga karena kan taun sebelumnya kita udah menang juga. Gimana caranya kita bisa pertahanin juara,” imbuhnya.

Kompetisi Denscup, terang Ghautami yang akrab dipanggil Lara, mengusung tema kreasi tari tradisional Nusantara. Selain itu, ada lomba untuk cabang olahraga dan modern dance. Tahun ini, tim Listra Unpar membawakan tari tradisional Reang Panjingkrak.

Lara menjelaskan, arti dari tarian Reang Panjingkrak itu sendiri adalah wujud rasa syukur kepada Dewi Sri, Dewi Pangan karena padi sudah selesai dipanen.

Adapun tim Listra yang mengikuti lomba Denscup 2018 terdiri dari mahasiswi angkatan 2016 dan 2017.

Terkait persiapan lomba, Lara mengatakan jika latihannya cukup intensif. Terlebih, tidak banyak tim Listra yang menguasai tarian Reang Panjingkrak yang relatif baru di lingkungan Listra. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam persiapannya.

“Kalo kita latihan kemaren tuh hampir 3 minggu. Jadi, latiannya cukup intensif juga. Diselang UTS, sempet latihan pas UTS juga,” ungkap Lara yang mengambil program studi Manajemen Unpar.

Harapannya, ungkap Lara, semoga tim Listra bisa terus mewakili Unpar di berbagai perlombaan pada masa mendatang.

“Buat bangga Unpar sendiri di luar. Jadi, seengganya tampilin yang terbaik aja. Kalo masalah menang itu bonus,” pungkasnya semangat.