Home / Berita Terkini / Lima Peneliti Bandung Peroleh Hibah ITSF

Lima Peneliti Bandung Peroleh Hibah ITSF

Jakarta, (PR).-

Sebanyak dua puluh peneliti dari perguruan tinggi dan pusat penelitian di Indonesia memperoleh hibah penelitian (Science and Technology Research Grant) dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) tahun 2009. Lima peneliti di antaranya berasal dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Peneliti dari Unpar adalah Buana Girisuta, ST., MT (beliau adalah dosen di Fakultas Teknologi Industri UNPAR). Sementara empat peneliti ITB terdiri dari Inge Magdalena Sutjahja, Resnanti Utami, Saripah Sundari, dan Heni Rahmawati. Ketua Komite Seleksi Iptek dan Hibah Penelitian Iptek ITSF Suwarto Martosudirjo mengungkapkan, total nilai dana yang dihibahkan untuk dua puluh peneliti mencapai Rp 704.320.000,00. “Dari dua puluh pemenang itu, delapan belas peneliti dari Pulau Jawa, dan dua peneliti dari luar Jawa,” katanya pada presentasi penghargaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), hibah penelitian iptek, dan penghargaan pendidikan sains, berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (12/2).

Hadir antara lain Ketua ITSF Soefjan Tsauri, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri, dan Yoshio Shingeya (mewakili Honorary Chairman of Toray Industries Inc Jepang Kotsunosuke Maeda). Dalam acara itu, ITSF juga mengundang Emil Salim sebagai pembicara tamu dengan topik “Sustainable Development”.

“Untuk tahun ini Komite Seleksi menerima 141 usulan penelitian dengan rincian 120 usulan dari perguruan tinggi dan pusat-pusat penelitian di Jawa dan sisanya 21 usulan dari luar Jawa,” katanya.

Suwarto menambahkan, tahun ini, ITSF juga memilih satu orang penerima penghargaan penelitian (Science Technology Award) dari 22 orang peserta yang masuk. Penerima penghargaan itu adalah pakar nanoteknologi Nurul Taufiqu Rochman dari Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (A-94)***

 

Sumber:
www.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=58892