Home / Berita Terkini / Layanan Digital Perpustakaan Unpar Dukung Pemelajaran Dari Rumah

Layanan Digital Perpustakaan Unpar Dukung Pemelajaran Dari Rumah

Dengan kegiatan perkuliahan yang dialihkan menggunakan metode daring, baik mahasiswa maupun tenaga pendidik membutuhkan bahan bacaan dan referensi ilmiah secara online pula. Menjawab kebutuhan ini, Unit Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyediakan berbagai layanan daring yang dapat diakses oleh komunitas Akademik Unpar.

Melalui layanan digitalnya, Perpustakaan Unpar menyediakan akses buku dan jurnal elektronik dari penerbit Sage, Wiley, Springer, Gale Cengage, Proquest dan Emerald. Perpustakaan Unpar juga telah bekerja sama dengan basis data akademik dan ilmiah lokal seperti Hukum Online bagi mahasiswa dan pendidik yang membutuhkan.

Koleksi digital ini memberikan kesempatan bagi komunitas Unpar tidak hanya untuk mengakses informasi sesuai bidang ilmu yang didalami, namun juga ilmu lain di luar disiplin ilmunya, sehingga dapat memperluas wawasan keilmuannya. 

Menanggapi situasi mewabahnya Covid-19 saat ini, sejumlah layanan pusat data ilmiah di seluruh dunia memberikan akses gratis bagi para akademisi. Perpustakaan Unpar memfasilitasi informasi dan panduan layanan tersebut bagi para akademisi Unpar, seperti Cambridge Core yang dapat diakses hingga 31 Mei 2020, juga akses karya jurnalistik Tempo.

Repositori Institusi

Serupa dengan kampus lain, perpustakaan Unpar juga mengelola Repositori Institusi melalui laman repository.unpar.ac.id. Repository Unpar yang diluncurkan pada 2017 memuat lebih dari sembilan ribu karya ilmiah para civitas yang terdiri dari buku, artikel jurnal, tugas akhir mahasiswa, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dan lain-lain. Dokumen tersebut dapat dipergunakan oleh komunitas Unpar dalam mendukung kegiatan ilmiah mereka.

Untuk komunitas Unpar, layanan repositori dapat diakses menggunakan email Unpar, baik mahasiswa maupun pegawai. Sebelum mengakses layanan secara penuh, pengguna perlu mendaftarkan diri dan mengkonfirmasi registrasi menggunakan email Unpar masing-masing. Layanan repositori secara terbatas juga bisa disimak oleh komunitas akademik lain dan masyarakat umum.

Informasi lebih lengkap mengenai layanan digital Perpustakaan Unpar dapat dipelajari melalui tautan perpustakaan.unpar.ac.id, atau melalui Instagram @unpar_library.