Lantik 965 Wisudawan, Rektor Dorong Lulusan UNPAR Tetap Jadi SDM Unggul dan Progresif

UNPAR.AC.ID, Bandung – Rektor Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Mangadar Situmorang, Ph.D., melantik 965 wisudawan/wisudawati dalam Upacara Wisuda I Tahun Akademik 2022/2023. Acara tersebut dilangsungkan di Auditorium Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR pada Jumat-Sabtu (26-27/5/2023).

Keputusan Rektor UNPAR Nomor III/PRT/2023-05/071 tentang Lulusan Program Diploma Tiga (D3), Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor UNPAR Periode Pertama Tahun Akademik 2022/2023 menjadi dasar pelaksanaan wisuda tersebut.

Adapun rincian dari 965 wisudawan/wisudawati itu terdiri dari lulusan Program Vokasi dan Profesi (PVP) tingkat D3 sebanyak 8 orang, S1 Fakultas Ekonomi 251 orang; S1 Fakultas Hukum 116 orang; S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 252 orang; Fakultas Teknik 132 orang; S1 Fakultas Teknologi Industri 94 orang; S1 Fakultas Teknologi Informasi dan Sains 62 orang. Kemudian S2 sebanyak 45 orang dan S3 berjumlah 5 orang.

Rektor Mangadar pun menyampaikan harapannya agar para wisudawan/wisudawati menjadi alumni UNPAR yang teruji dan terpuji. Tujuan ini sejalan dengan mandat dari Presiden Joko Widodo agar UNPAR terus menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh untuk pembangunan bangsa, dengan semangat untuk selalu bersyukur dan merayakan kebhinekaan Indonesia.

Rektor juga memberikan pesan kepada para wisudawan/wisudawati agar tetap teguh dalam menjaga integritas, kejujuran, serta memiliki kepekaan dan pengabdian sosial yang tinggi. Hal ini sesuai dengan Sesanti UNPAR, “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti”.

“Para wisudawan/wisudawati harus terus mengembangkan diri di luar lingkungan UNPAR, namun tetap sejalan dengan Spiritualitas dan Nilai-nilai Dasar UNPAR (SINDU), yakni humanum-religiosum, caritas in veritate, dan kebhinekaan. Ini mendasari prinsip etika kita untuk menjadi terbuka, transformatif, jujur, dan peduli terhadap yang lemah serta mengutamakan kebaikan bersama (bonum commune),” ucap Rektor.

Rektor Mangadar juga menyampaikan beberapa hal yang akan dan tengah UNPAR lakukan agar tetap menjadi perguruan tinggi yang relevan dan signifikan. Rektor memaparkan berbagai program kerja yang menjadi fokus UNPAR saat ini antara lain:

  1. Pergantian pimpinan universitas pada tanggal 1 Juli 2023 akan melibatkan pelantikan rektor baru, Prof. Tri Basuki Joewono, yang akan didukung oleh tim kerja yang baru, baik di tingkat Wakil Rektor maupun Lembaga, Kantor, dan Biro, yang lebih determinatif, akseleratif, dan progresif.
  2. UNPAR masih terus memproses pembukaan Program Studi Kedokteran dan Profesi Kedokteran yang telah lama dinantikan dan dipersiapkan. Demikian pula dengan Program studi bidang Pendidikan dan Keguruan (FKIP), Magister Matematika, Program Profesi Arsitektur, serta program vokasi Diploma III yang akan ditingkatkan menjadi Diploma IV atau Sarjana Terapan di bidang Bisnis Kreatif, Teknologi Pangan, dan Agribisnis. Semua program ini akan melengkapi 33 Program Studi yang saat ini ada, termasuk Program Studi terbaru, Integrated Arts (Studi Humanitas). 
  3. UNPAR juga merencanakan penyelenggaraan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, dunia usaha, para alumni, masyarakat dan semua dukungan itu sangat kami dihargai,” tuturnya. (NAT-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

Mengendalikan A.I. di Era A.I.

UNPAR.AC.ID, Bandung - Hampir semua orang di dunia sudah familiar dengan teknologi Artificial Intelligence (A.I.) pun menggunakannya. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Artifisial adalah mesin (komputer) yang memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak...

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

Prodi Studi Humanitas UNPAR Terakreditasi Baik BAN PT

https://www.youtube.com/watch?v=tPoNEuVdlLc UNPAR.AC.ID, Bandung – Program Studi Studi Humanitas Universitas Katolik Parahyangan telah memenuhi peringkat akreditasi “Baik” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 23 Januari 2024. Peringkat...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

May 27, 2023

X