Lantik 1.029 Wisudawan, UNPAR Konsisten Cetak SDM Unggul

UNPAR.AC.ID, Bandung – Rektor Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Mangadar Situmorang, Ph.D. melantik 1.029 wisudawan/wisudawati yang berasal dari program Ahli Madya (D3), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3), dalam Upacara Wisuda I Tahun Akademik 2021/2022. Sebanyak 345 perwakilan wisudawan dari 7 Fakultas hadir secara langsung dalam Upacara yang digelar secara hybrid dari Auditorium Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) UNPAR, Sabtu (23/4/2022).

Meski berlangsung hybrid, Upacara Wisuda I diselenggarakan dengan tetap mematuhi protocol kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19. Seluruh wisudawan beserta orang tua atau wali/pendamping yang hadir diwajibkan telah melakukan vaksinasi booster Covid-19. Dalam pelaksanaan Wisuda kali ini. UNPAR melakukan Upacara pelantikan yang dibagi menjadi 3 sesi untuk mencegah terjadinya kerumunan. 

Adapun rincian dari 1.029 wisudawan tersebut adalah lulusan D3 pada Program Vokasi dan Profesi (PVP) 20 orang, S1 Fakultas Ekonomi 257 orang, S1 Fakultas Hukum 110 orang, S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 238 orang, S1 Fakultas Teknik 167 orang, S1 Fakultas Filsafat 1 orang, S1 Fakultas Teknologi Industri 126 orang, S1 Fakultas Teknologi Informasi dan Sains 56 orang. Kemudian S2 sebanyak 46 orang dan S3 berjumlah 8 orang.

Dalam pidato sambutannya, Rektor mengatakan bahwa tak mudah menyelesaikan studi di tengah pandemi Covid-19. Rektor pun mengapresiasi atas segala upaya dan kerja keras wisudawan yang konsisten menyelesaikan studi di UNPAR.

“Kita tahu bahwa capaian ini bukan sesuatu yang didapatkan dengan mudah. Anda telah melaluinya dengan sangat baik dan wisuda ini menjadi bukti bahwa Anda mampu mengatasi kesulitan dengan baik. Ini adalah hasil tanggung jawab dan kedisiplinan, ketekunan, buah kerja keras, komitmen dan sekaligus rasa cinta kepada para keluarga,” ucap Rektor.

Tak sekadar menyelesaikan studi dengan baik, pengakuan atas gelar yang telah dicapai tersebut juga menjadi bentuk pertanggungjawaban bagi publik. Para wisudawan pun diminta tetap menjaga integritasnya.

“Sebagai bentuk pertanggungjawaban publik bahwa Anda semua yang diwisuda memiliki kompetensi yang dibutuhkan masyarakat, khususnya dalam Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),” tuturnya.

Menurut Rektor, meski telah menyelesaikan studi, para wisudawan diminta tetap mengasah kemampuan. Menjadi pribadi pembelajar seumur hidup, memiliki kemampuan beradaptasi, terbuka terhadap berbagai pemikiran yang berbeda, selalu berusaha mengembangkan kemampuan dan potensi diri serta membangun jejaring.

Sejalan dengan Sesanti UNPAR “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” (Berdasarkan Ketuhanan Menuntut ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat), para lulusan UNPAR diharapkan tidak sekadar memiliki intelektualitas, namun mengimplementasikan ilmunya untuk kepentingan masyarakat.

“Tidak ada keraguan, para wisudawan/I yang dilantik akan menjadi pribadi dewasa, bertanggung jawab, dan kontributif untuk pengembangan bangsa dan negara,” kata Rektor.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T. pun menyampaikan selamat atas upaya UNPAR yang konsisten menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul. Samsuri pun menyampaikan apresiasinya karena UNPAR telah terkonversi menjadi Universitas dengan predikat “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebelumnya, UNPAR telah terakreditasi “A”.

“Satu kebanggaan, apresiasi dari LLDIKTI Wilayah IV. Dalam catatan kami, UNPAR adalah Universitas yang senantiasa taat asas. Salah satu indikasinya adalah laporan PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi,red) sudah 100 persen,” ujarnya.

Samsuri pun mengatakan bahwa para wisudawan patut berbangga menjadi lulusan salah satu Universitas terbaik di Jawa Barat bahkan di Indonesia. Dia juga berperan agar kompetensi yang didapatkan selama UNPAR terus diasah dengan kemauan dan kemampuan belajar sepanjang hayat.

“Ingat, orang yang akan menjadi pemilik masa depan adalah orang yang terus menerus belajar, adaptif dengan perubahan zaman, dan juga adaptif dengan perkembangan pengetahuan, teknologi, dan sosial kemanusiaan. Jadilah pribadi yang senantiasa menjunjung tinggi santun dalam perkataan dan perbuatan,” tuturnya. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

Menilik Ihwal Ekonomi Kesejahteraan dari Perspektif Amartya Sen

UNPAR.AC.ID, Bandung – Dewasa ini, kesejahteraan ekonomi merupakan hal yang masih sulit untuk dicapai. Faktor utama dari kesejahteraan bukan lagi berbicara mengenai ekonomi semata, lebih jauh lagi berbicara mengenai kemanusiaan dan hal tersebut harus dapat diukur. ...

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

Panitia Seleksi Umumkan 6 Bakal Calon Rektor UNPAR Masa Bakti 2023-2027

UNPAR.AC.ID, Bandung – Panitia Proses Seleksi Rektor Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan 6 nama Bakal Calon Rektor UNPAR masa bakti 2023-2027 di Selasar Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise UNPAR, Kamis (26/1/2023). Dari 10 Pelamar Bakal Calon Rektor, 6...

Kontak Media

Divisi Humas & Protokoler

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Apr 25, 2022

X