Home / Berita Terkini / Langkah Industri Asuransi Hadapi Pandemi Covid-19

Langkah Industri Asuransi Hadapi Pandemi Covid-19

Jurusan Matematika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menggelar Webinar “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Industri Asuransi” pada Sabtu (11/7/2020). Webinar ini mengundang dua orang praktisi yang berpengalaman di bidang asuransi dan aktuaria, yaitu  Rianto Ahmadi Djojosugito, Ph.D., FSAI, CERG, QRGP selaku Chief Risk and Compliance Officer dari Prudential Life Assurance Indonesia, serta Deputi Direksi Bidang Aktuaria BPJS Kesehatan, Ocke Kurniadi, M.Si., FSAI, CHRM, AAAI-J.

Selama dua jam, kedua narasumber berbagi pandangan mereka mengenai perkembangan industri asuransi di tengah masa pandemi dan proyeksi di masa mendatang. Pada paparan pertama, Rianto Ahmadi menjelaskan bahwa Pandemi Covid-19 telah menunjukkan dampaknya pada industri asuransi, khususnya asuransi jiwa. 

Dampak saat ini yang dapat dirasakan langsung yaitu adanya penurunan penerimaan premi serta kenaikan pembayaran klaim surrenders. Di sisi lain, ia juga menyoroti perlunya kewaspadaan dalam sektor industri asuransi. Hal ini dikarenakan munculnya peningkatan tingkat infeksi Covid-19 pada populasi nasabah asuransi, yang dapat menimbulkan masalah finansial bagi seluruh industri tersebut.

Dalam paparan kedua, Ocke Kurniadi menitikberatkan pembahasan dalam bidang asuransi sosial dan perkembangan ekonomi. Secara garis besar, asuransi sosial yang ditanggung oleh negara memiliki hubungan erat dengan perkembangan ekonomi, dimana kini ekonomi global tengah mengarah kepada resesi dan deglobalisasi akibat pandemi.

Ocke melihat bahwa Indonesia memliki peluang dalam menghadapi krisis ini. Dengan modal angkatan kerja muda dan didukung digitalisasi di berbagai sektor industri, termasuk asuransi, Indonesia dapat meningkatkan kapabilitas perekonomiannya. Ia juga mendorong secara khusus bagi komunitas pendidikan tinggi untuk meningkatkan kemampuan digital dan kewirausahaannya dalam mendukung hal tersebut.

Webinar dan diskusi yang dipandu oleh Felivia, MActSc, ASAI dari Matematika Unpar ini memberikan gambaran yang baik akan kondisi industri asuransi dan perkembangannya di masa mendatang. Meskipun tidak luput dari dampak pandemi, industri asuransi memiliki proyeksi yang baik melalui berbagai inovasi yang dilakukan oleh industri ini. (DAN – Divisi Publikasi)