Home / Berita Terkini / Kuliah Umum: Etos Kebangsaan Dalam Menyelamatkan Keuangan Negara (Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup)

Kuliah Umum: Etos Kebangsaan Dalam Menyelamatkan Keuangan Negara (Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup)

Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) hingga mendapat sebutan “GEMAH RIPAH LOH JINAWI” dan “ZAMRUD KATULISTIWA”. Kekayaan yang dimiliki Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Rote sampai Talaud, tersebar dari puncak pegunungan hingga dasar lautan. Sumber daya alam masih menjadi penggerak perekonomian Indonesia, demikian simpulan umum yang masih relevan selama beberapa dasawarsa terakhir. Ekstraksi SDA dalam bentuk mineral, batubara dan migas berperan sebagai penyumbang penerimaan kedua terbesar setelah pajak, menampung tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran, membuka lapangan kerja baru, membuka daerah-daerah terpencil menjadi sarana ekonomi baru dan lain-lain.

Kuliah umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNPAR mengambil tema “Etos Kebangsaan Dalam Menyelamatkan Keuangan Negara”, disampaikan oleh DR. H. Ali Masykur Musa, M.Si, M.Hum, anggota IV Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 24 Februari 2014 bertempat di Operation Room gedung O Universitas Katolik Parahyangan.

Pengelolaan SDA yang akuntabel bukan hanya tugas pemerintah pusat, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh jenjang pemerintahan, termasuk pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota. Seluruh aspek di negara ini harus bahu-membahu untuk mewujudkan pengelolaan SDA yang berkelanjutan, dengan mengadaptasi dari definisi pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang berorientasi pemenuhan generasi masa kini tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang.