Kolaborasi Mahasiswa Integrated Arts dan Filsafat Budaya UNPAR dalam Pameran Karya

UNPAR.AC.ID, Bandung – Mahasiswa Integrated Arts dan Filsafat Budaya pada Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan (FF UNPAR) menggelar pameran kolaborasi studio bertajuk Motifs: Reminiscence of the Soul, di Kampus Filsafat, Jalan Nias, Kota Bandung. Pameran yang berlangsung 30-31 Januari 2023 itu merupakan kolaborasi mahasiswa semester 1, 3 dan 5 yang menampilkan kemampuan dan pengetahuannya dalam proses berkarya selama satu semester.

Dari sekian banyak bidang seni, mahasiswa Integrated Arts menyajikan seni rupa & desain, seni musik, seni pertunjukan, manajemen seni & kuratorial, serta penulisan kreatif sebagai sebuah referensi.

Melalui Open Studio tersebut, mahasiswa berharap melalui program Integrated Arts sebagai yang pertama di Indonesia, mampu menawarkan kebaruan dan pengetahuan yang menyegarkan bagi aktualisasi diri hingga daya tawar untuk mereka yang fokus sebagai pelaku seni.

Project Manager Pameran Muhammad Fathan yang saat ini duduk di Semester 3 menuturkan, bersama teman mahasiswa lainnya, mereka berupaya menunjukkan sisi lain dalam proses pembuatan dan presentasi karya. Open Studio melalui Reminiscence of the Soul menjadi langkah selanjutnya bagi mereka sebagai mahasiswa menunjukkan integrasi seni secara bertahap dari sudut  pandang Integrated Arts.

“Dunia kreatif yang kami buat diharapkan terus berkembang dan tidak akan pernah berhenti,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Integrated Arts UNPAR Elaine V.B Kustedja menuturkan, Motifs kali ini merupakan kali ketiga bagi mahasiswa Integrated Arts menunjukkan kemampuannya.

“Kami skemakan di setiap akhir semester, menjadi project akhir semester dari anak-anak Studio Seni Terpadu. Melalui pameran ini, bisa menyaksikan proses dari kekaryaan mereka. Ini menjadi tahapan penting bagaimana mereka berproses secara individu maupun secara bersama-sama,” ujarnya.

Mohammad Kevin Fadlan, mahasiswa Integrated Arts semester 1 mengatakan, melalui pembelajaran di Integrated Arts menjadi sebuah gebrakan untuk menciptakan para praktisi atau seniman yang juga mengedepankan aspek filosofis, sehingga sebuah karya pun memiliki maknanya tersendiri.

8 Program Baru UNPAR

Integrated Arts menjadi satu dari 8 program peminatan terbaru yang UNPAR tawarkan.Sikap adaptif terhadap perubahan nyatanya memegang peranan penting bagi masa depan industri kreatif era kini, tak terkecuali bidang seni yang saat ini kian diminati sebagai pilihan program di perguruan tinggi.

Sebagai yang pertama di Indonesia, kebaruan untuk menjawab kebutuhan industri kreatif dituangkan FF UNPAR yang telah terakreditasi “Unggul” dalam program Integrated Arts. Jika sebagian besar pendidikan tinggi seni berfokus pada satu bidang tertentu, Integrated Arts UNPAR memadupadankan berbagai bidang seni untuk menjawab kepentingan terkini.

Selain Integrated Arts, program lain yang bisa menjadi pilihan yaitu Data Science, Mekatronika, Bisnis Digital, Fisika Medis, Aktuaria, Chemical Business Development, serta Manajemen Bisnis Keluarga & Kewirausahaan.

UNPAR juga menyediakan beragam beasiswa bagi mahasiswa dan calon mahasiswa baru 2023. Sebanyak 6 program beasiswa kuliah bisa menjadi pilihan bagi para siswa lulusan SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke UNPAR. Banyak benefit yang ditawarkan, mulai dari pemberian keringanan hingga bantuan biaya studi.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui Layanan Informasi PMB UNPAR dengan mengirimkan pesan pada e-mail admisi@unpar.ac.id, telepon (022) 2032655 atau info lebih lanjut di akun @unparofficial (Instagram) dan @unpar (Official Line. Juga melalui Hotline PMB UNPAR 0815-7010-000 (Chat Only). (JES-Humkoler UNPAR)

Berita Terkini

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

Prestasi Gemilang UKM Badminton UNPAR di Liga Pelajar Nusantara 2024

UNPAR.AC.ID, Bandung – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Parahyangan (UNPAR) telah menorehkan tinta emas dalam sejarah olahraga kampus dengan meraih prestasi membanggakan pada Liga Pelajar Nusantara 2024, yang diselenggarakan di Bogor. Dengan...

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

Sistem Penghubung Layanan dan SSO untuk Transformasi Digital Indonesia

UNPAR.AC.ID, Bandung - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang dikenal dengan sebutan SPBE merupakan salah satu upaya transformasi digital di Indonesia. Fokus utama dari SPBE ialah meningkatkan layanan publik agar masyarakat bisa mendapatkan kemudahan dan...

Kontak Media

Humas UNPAR

Kantor Sekretariat Rektorat (KSR), Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung 40141 Jawa Barat

Jan 31, 2023

X