Home / Berita Terkini / Kenal Lebih Dekat Unit Kegiatan Mahasiswa, Wadah Sosial Mengembangkan Talenta

Kenal Lebih Dekat Unit Kegiatan Mahasiswa, Wadah Sosial Mengembangkan Talenta

Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, keramaian dan kecerian Expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tidak tampak di kawasan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Hal ini dikarenakan masa pandemi yang membuat para mahasiswa tetap berada di rumah menjalani perkuliahan secara daring hingga pandemi mereda. 

Para mahasiswa baru pun lebih sulit untuk mengenal secara langsung berbagai UKM yang ada di Unpar. Meski kondisi memaksa kita untuk tidak melakukan kegiatan yang bersifat interaksi tatap muka, nyatanya masih banyak Unit Kegiatan Mahasiswa yang berkreasi menjalani kegiatan yang bermanfaat di kala pandemi. 

UKM di Unpar sangat beragam dan terdiri dari berbagai bidang yang diharapkan dapat menjadi wadah untuk menggali potensi diri dan mengasah kemampuan soft skill yang sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa Unpar, diantaranya adalah bidang olahraga, kesenian, dan bela diri. Tak jarang berbagai UKM ini menghasilkan prestasi yang membanggakan bagi Unpar. 

Olahraga

UKM di Unpar yang secara khusus mewadahi minat olahraga mahasiswa adalah UKM Voli, Bulutangkis, Basket, Tenis, Softball dan Sepak Bola. UKM ini melakukan latihan rutin setelah perkuliahan di lapangan Parahyangan Reksa Raga (Pasaga) maupun di berbagai lokasi khusus lain sesuai kebutuhan. Berbagai UKM olahraga secara aktif mengirimkan wakil terbaiknya dalam berbagai kejuaraan yang diselenggarakan oleh pihak eksternal maupun internal dalam Unpar, dan secara rutin mendulang prestasi bagi Unpar.

Selain itu, UKM olahraga juga memiliki program kompetisi yang dibuka baik bagi mahasiswa Unpar maupun bagi mahasiswa perguruan tinggi lain, seperti program invitasi. Tidak hanya melulu latihan dan kompetisi, berbagai UKM Olahraga ini menjadi ruang bersosialisasi bagi para anggotanya melalui aktivitas kebersamaannya.

Seni

Untuk mahasiswa yang ingin menerjunkan diri dalam dunia seni, Unpar mewadahinya dalam beberapa UKM. Paduan Suara Mahasiswa (PSM) menjadi ruang bagi mahasiswa Unpar yang tertarik mengasah diri menguasai seni tarik suara. Di sisi lain, Lingkung Seni Tradisional (Listra) menjadi tempat bagi mereka yang ingin mempelajari ragam seni tradisional di Indonesia. Keduanya telah mencetak berbagai prestasi di tingkat internasional dan nasional.

Ada pula UKM Sastra dan Teater (Satre) yang menjadi tempat pengembangan diri bagi para mahasiswa yang berminat dalam bidang seni peran maupun kebudayaan. Bagi mereka yang senang akan fotografi dan desain, UKM Potret akan memfasilitasi mereka. Seluruh UKM seni secara rutin melakukan latihan serta mengadakan pentas untuk menunjukkan kualitas diri. Pentas dan pameran ini terkadang merupakan bagian dari inisiasi pada anggota baru pula.

Bela Diri

Tujuan menguasai seni bela diri tidak hanya untuk berjaga-jaga di kondisi yang tidak diinginkan, melainkan juga untuk menjaga kondisi tetap sehat dan fit menjalani aktivitas perkuliahan yang padat. Kendo, Tarung Derajat, Aikido, Wushu, Capoeira, Jujitsu, Taekwondo, dan Karate merupakan beberapa wadah yang dapat dipilih mahasiswa Unpar untuk belajar dan mengembangkan kemampuan bela diri.

Dari beragam UKM bela diri tersebut, Tarung Derajat memiliki keunikan sebagai seni beladiri karya Bangsa Indonesia. Bentuk seni bela diri lain berasal dari berbagai negara dunia, seperti Kendo, Aikido, Karate dan Jujitsu yang berasal dari Jepang, Wushu dari Tiongkok, Taekwondo dari Korea, serta Capoeira yang merupakan campuran seni dan ilmu bela diri Brazil.

Selain meningkatkan kebugaran tubuh melalui latihan fisik, berbagai UKM bela diri di Unpar menanamkan semangat kedisiplinan serta pengembangan mental yang kuat bagi para anggotanya. Beberapa seni beladiri juga melatih keahlian menggunakan peralatan bela diri baik sebagai bagian dari seni maupun untuk digunakan dalam latihan tarung (sparing). Berbagai UKM bela diri Unpar telah berhasil meraih prestasi yang gemilang.

Minat Khusus

Belum tentu minat mahasiswa dapat terpenuhi dalam ragam UKM yang telah disebutkan di atas. Untuk itulah, Unpar menyediakan ruang bagi UKM minat khusus bagi para mahasiswa. UKM ini termasuk Media Parahyangan yang bergerak dalam bidang jurnalisme mahasiswa, serta Unpar Radio Station (URS) yang mengelola radio kampus serta mengembangkan minat penyiaran para anggotanya.

Bagi mahasiswa yang tertarik dalam seluk beluk pendidikan keprajuritan dan pengembangan mental dapat mengikuti UKM Bela Negara di Batalyon III Unpar. Ada juga UKM Airsoft Gun sebagai unit mahasiswa yang tertarik menggeluti olahraga luar ruang dan tembak menembak. UKM lain yaitu Korps Tenaga Sukarela (Korgala) menjadi garda depan mahasiswa Unpar terjun menanggulangi bencana, kecelakaan, dan penanganan situasi gawat darurat lainnya.

UKM Parahyangan English Debate Society (PEDS) menjadi wadah pengembangan diri mahasiswa yang tertarik dalam beropini, berbicara di depan umum dan berdebat argumentatif dalam bahasa Inggris. Terakhir adalah UKM Mahasiswa Parahyangan Pecinta Alam (Mahitala), tempat mahasiswa yang cinta akan kelestarian lingkungan serta memiliki semangat menjelajah dan berpetualang berkumpul. 

Tentunya, bergabung dalam UKM adalah suatu kesempatan yang tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa Unpar untuk mengembangkan talentanya serta bersosialisasi bersama mahasiswa lain dengan minat serupa. Jika kalian ingin mengakses info-info terkait UKM yang berada di Unpar termasuk berkeinginan bergabung dalam UKM tersebut, kalian dapat mengunjungi laman https://pm.unpar.ac.id/ukm/. (JNS/DAN – Divisi Publikasi)